Wabup Pohuwato Buka Kegiatan Sosialisasi Desa Bersinar, Ini Harapannya

  • Whatsapp
Wabup Pohuwato, Suharsi Igirisa saat membuka kegiatan Sosialisasi Desa Bersinar di Desa Palopo, Kecamatan Marisa, Selasa (11/10/22). (Foto: Humas Pemda Pohuwato)

60DTK, Pohuwato – Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa membuka secara resmi Sosialisasi Pembentukan Desa Bersih Narkoba (Bersinar) dan Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) di Desa Palopo, Kecamatan Marisa, Selasa (11/10/2022).

Sosialisasi tersebut merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan wilayah yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

Bacaan Lainnya

“Tidak hanya BNN dan pihak kepolisian yang punya tugas untuk penanganan narkoba, tetapi kita semua. Pembentukan desa bersinar ini akan semakin memperkuat penanganan masalah penyalahgunaan narkoba dan semakin mempercepat terwujudnya desa bersinar,” ujar Suharsi.

Ia pun menambahkan, karena kegiatan tersebut merupakan program nasional, maka Ia berharap semua desa di Pohuwato bisa turut serta dalam mewujudkan visi misi program bersinar ini.

“Karena Pohuwato ini merupakan daerah perbatasan dan sangat rentan dengan masuk keluarnya berbagai barang, termasuk narkoba ini. Jadi, kami pemerintah daerah sangat berterima kasih dan mengapresiasi pelaksanaan sosialisasi pembentukan desa bersinar dan intervensi berbasis masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BNN Provinsi Gorontalo, Brigjen Pol Sukandar mengatakan bahwa sosialisasi pembentukan desa bersinar tersebut merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 2 tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional. Oleh karena itu, seluruh pemerintah daerah wajib turut serta melakukan pemberantasan narkoba hingga ke tingkat desa.

“Tahun 2023 ini kita akan tunjuk dua desa yang nantinya akan menjadi pilot project desa bersih narkoba, tetap kita akan lakukan tes urine aparat desa dan masyarakat yang dipilih sebagai random,” tandasnya. (adv)

 

Pewarta: Efendi Hasan

Pos terkait