Wagub : BKPRS Harus Dirasakan Manfaatnya oleh Masyarakat Sulawesi

60DTK – Kota Manado : Wakil Gubernur (Wagub) Gorontalo Idris Rahim mengatakan, Badan Kerjasama Pembangunan Regional Sulawesi (BKPRS) harus dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Sulawesi.

Hal itu disampaikannya pada Musyawarah Sulawesi VIII dan Pertemuan Gubernur se – Sulawesi, yang berlangsung di Novotel Manado, Sulawesi Utara, Senin (02/03/2020).

“Kita harus saling bersinergi untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi Sulawesi yang mampu menunjang pembangunan nasional. BKPRS harus benar-benar dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Sulawesi”, jelas Idris.

Pada musyawarah tersebut, Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dipercayakan untuk memimpin BKPRS periode 2020 – 2023. Idris berharap, di bawah kepemimpinan Gubernur Sulut itu, pembangunan Regional Sulawesi akan semakin maju.

Sementara itu, Olly menitikberatkan BKPRS untuk mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi Regional Sulawesi lewat hubungan kerjasama yang lebih erat lagi. Menurutnya, seluruh provinsi yang ada di Sulawesi mempunyai spesifik dan produk unggulannya masing-masing.

“Tantangan kita ke depan, hubungan antara provinsi harus lebih dipererat. Masing-masing provinsi memiliki spesifikasi tersebut, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat menjadi penyangga pangan, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara menjadi primadona industri”, ujarnya.

“Sulawesi Utara dan Gorontalo kita kembangkan pariwisatanya karena lebih dekat ke pasifik. Kita semua saling melengkapi, dan kalau bisa dikembangkan, pasti manfaatnya sangat baik untuk masyarakat”, tambah Olly.

Pada kesempatan itu, Olly juga mengapresiasi inisiatif Gubernur Gorontalo Rusli Habibie yang menggagas Jelajah Wisata Sulawesi (JWS) 2020 yang berakhir beberapa lalu.

Selain mengeksplor potensi wisata kata Olly, JWS juga menjadi langkah yang strategis. Melihat sejauh mana jalur darat lintas Sulawesi bisa diakses untuk distribusi barang, dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Sulawesi.

“Kemarin Pak Gubernur Gorontalo menggelar Jelajah Wisata Sulawesi. Dan sebenarnya, mengajak kita semua untuk melihat jalur Sulawesi itu bisa dicapai dalam waktu yang singkat. Apa yang sudah dilakukan ini, penting agar pada jejak-jejak lintasan itu bisa diketahui apa yang harus kita kembangkan”, imbuh Olly. (adv)