Wagub Gorontalo Minta Pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Mulai Disiapkan

60DTK, Kota Gorontalo – Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim, meminta kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Gorontalo, untuk segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-IX tingkat Provinsi Gorontalo.

Sejatinya, kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Pemprov Gorontalo tersebut akan digelar pada bulan Juli lalu. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara (Gorut) sebagai tuan rumah.

Baca juga: Rusli Minta Bupati Dan Walikota Lahirkan Inovasi Pencegahan Covid-19 Di Gorontalo

Akan tetapi, adanya pandemi Covid-19 yang terjadi di Gorontalo sampai dengan saat ini, memaksa pemerintah mengambil keputusan untuk menunda pelaksanaan MTQ hingga akhir Agustus atau awal September 2020 mendatang.

“Segera koordinasikan dan persiapkan semua hal terkait pelaksanaan MTQ di Gorut,” pinta Idris usai mengikuti peluncuran MTQ Nasional ke-28 secara virtual, Selasa (28/07/2020).

Baca juga: BPBD Provinsi Evakuasi Warga Terdampak Banjir Di Kelurahan Bugis

Idris mengingatkan, mulai dari proses persiapan hingga pelaksanaan MTQ nanti, panitia pelaksana kegiatan harus memperhatikan penerapan protokol kesehatan. Hal itu harus dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19.

“Termasuk mekanisme penerapan protokol kesehatan bagi peserta, panitia, dan dewan hakim,” tegas Idris.

Baca juga: BNPB Provinsi Gorontalo Minta Masyarakat Segera Ungsikan Diri Dari Banjir

Terkait MTQ tingkat Provinsi Gorontalo ini, rencananya akan diikuti oleh enam kafilah dari kabupaten/kota se-Provinsi Gorontalo, dengan jumlah peserta sebanyak 240 orang.

Adapun beberapa kegiatan yang dilombakan pada MTQ ini sebanyak delapan cabang, di antaranya seni baca Alquran, qiraah Alquran, hafalan Alquran, tafsir Alquran, fahmil Quran, syahril Quran, lomba kaligrafi, serta karya tulis ilmiah Alquran. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga