Wagub Gorontalo Sudah Ikuti Sensus Penduduk 2020

60DTK, Gorontalo – Pelaksanaan sensus penduduk di tahun 2020 ini pada dasarnya sudah dilaksanakan sejak beberapa bulan yang lalu. Awalnya hal itu dilakukan secara daring (online), lalu pada akhir bulan Agustus kemarin, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo juga sudah mulai melalukan sensus penduduk secara tatap muka.

Kegiatan sensus penduduk ini pada hakikatnya diwajibkan diikuti oleh seluruh masyarakat, juga para pimpinan daerah. Seperti Wagub Gorontalo, Idris Rahim, yang pada hari Senin (7/09/2020) sudah meneyelesaikan sensus penduduk secara daring.

“Pak Wagub sudah melakukan sensus online, datanya sudah ada. Melalui verifikasi ini, kami ingin memastikan tidak ada data yang berubah,” ungkap Kepala BPS Provinsi Gorontalo, Herum Fajarwati, usai mendampingi petugas sensus yang melakukan verifikasi data kependudukan milik Wagub Gorontalo di Rujab Wagub.

Baca juga: Gubernur Gorontalo Evaluasi Penerapan Pergub Protokol Kesehatan Di Seluruh Kabupaten/Kota

Ia juga mengemukakan, verifikasi yang dilakukan adalah meliputi nama penduduk, jenis kelamin, usia, dan nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP). Hal itu pun akan dilakukan terhadap seluruh penduduk yang telah mengikuti sensus secara daring pada bulan Februari hingga Mei 2020 kemarin.

“Semua penduduk yang telah mengikuti sensus online akan kita datangi untuk verifikasi datanya. Kalau ada pengurangan, kita lakukan pengurangan di data base-nya, demikian juga kalau terjadi penambahan data,” jelas Herum.

Terkait hal ini, Wagub Gorontalo, Idris Rahim pun mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk turut mendukung dan melancarkan kegiatan sensus penduduk tahun 2020 ini. Terlebih karena mengingat saat ini pihak BPS sudah melakukan pendataan secara tatap muka.

Baca juga: Petugas Sensus Penduduk Dipastikan Bebas Covid-19, Masyarakat Diminta Tak Perlu Khawatir

“Data ini sangat penting untuk menyusun perencanaan pembangunan ke depan. Berikan data yang benar secara jujur kepada petugas agar hasil sensus ini  bermanfaat,” tegas Idris. (adv)

 

Pewarta: Hendra Setiawan