Wakil Gubernur Gorontalo Rayakan Tradisi Tumbilotohe

  • Whatsapp

60DTK.COM – Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim bersama keluarga merayakan tradisi Tumbilotohe di Halaman Rumah Jabatannya, Kamis (28/4/2022).

Tumbilotohe merupakan tradisi masyarakat Gorontalo memasuki Malam Ke 27 di Bulan Ramadan. Pada malam tersebut, masyarakat menyalankan lampu tradisional di halaman rumah masing-masing.

Bacaan Lainnya

Tradisi Tumbilotohe ini akan berlangsung selama tiga malam berturut-turut hingga Ramadan berakhir. Sejak tahun 2014, Tumbilotohe menjadi Warisan Budaya Tak Benda oleh ementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

“Tradisi ini merupakan adat dan budaya masyarakat Gorontalo yang memiliki Filosofi Adat Bersendikan Sara, dan Sara Bersendikan Kitabullah,” jelas Idris Rahim.

Pada tahun pemerintah memberikan kelonggaran untuk pelaksanaan Festival Tumbilotohe di berbagai lokasi. Namun demikian, Idris Rahim berharap masyarakat untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban serta mematuhi Protokol Kesehatan COVID-19.

“Selama dua tahun saat Pandemi CODI-19, Tumbilotohe ini kurang semarak. Insya Allah tahun bisa semarak dan berlangsung aman, tertib dan lancar,” imbuh Idris Rahim.

Perayaan Tumbilotohe di Rumah Jabatan Wakil Gubernur Gorontalo, serangkaian dengan Du’a Moheupa Zakati atau Doa Penyaluran Zakat Fitrah.

Prosesi  Du’a Moheupa Zakati ini, dipimpin oleh seorang imam dan diikuti Wakil Gubernur Gorontalo bersama keluarganya. (ksm/rls)

Pos terkait