Webinar Industri Kreatif jadi Wadah Berbagi Strategi di Masa Pandemi

60DTK, Gorontalo – Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengungkapkan, website seminar (webinar) peluang industri kreatif mampu menjadi wadah berbagi strategi di masa pandemi.

Hal itu diungkapkannya dihadapan 450 peserta webinar yang dilaksanakan di Aula Bank Indonesia Gorontalo, Rabu (7/10/2020).

“Pemprov Gorontalo mengucapkan terima kasih serta apresiasi atas pelaksanaan webinar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui berbagai inovasi sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat. Tanpa inovasi, kita tidak bisa eksis di masa pandemi,” ujar Idris.

Webinar yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Gorontalo bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo itu, diikuti oleh asosiasi pariwisata, UMKM dan pelaku industri kreatif, dinas pariwisata kabupaten/kota serta instansi terkait.

Idris menambahkan, webinar ini juga bertujuan untuk membangkitkan semangat pelaku ekonomi kreatif untuk tetap produktif. Kegiatan ini juga menjadi wadah promosi produk atau jasa yang dihasilkan di era persaingan global.

“Pandemi Covid-19 yang memengaruhi semua sektor kehidupan, namun pemerintah menstimulus ekonomi agar tetap eksis dan bersemangat. Provinsi Gorontalo memiliki potensi ekonomi kreatif, diantaranya kuliner, fashion, kriya, seni pertunjukan, musik dan fotograpi yang dapat ditumbuhkembangkan agar punya nilai jual sebuak produk,” tambahnya.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Rifli Katili menambahkan, webinar merupakan bentuk dorongan Pemerintah Gorontalo kepada pelaku industri kreatif agar terus menjaga kelangsungan hidup dan karya.

Rifli berharap, para pelaku industri bisa berbagi pengetahuan tentang peluang industri kreatif di masa pandemi dan era digital.

“Kendati hari ini merupakan bulan kedelapan sejak pertama kali di bulan Maret diumumkannya kita sebagai satu diantara ratusan negara yang terkena pandemi Covid-19. Tapi kita, para pelaku industri harus tetap hidup, tetap berkarya, berinvoasi,” jelas Rifli.

Webinar tersebut menghadirkan narasumber yang profesional dibidangnya seperti Kepala BI Gorontalo Budi Widihartanto, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif M. Neil L Himam serta News Anchor Metro Tv Marialzia Hasni. Adapula pelaku Industri Kreatif sekaligus Penyanyi Andien dan Jenahara Nasution sebagai Creative Director of JENAHARA.

Selain webinar, ada pula kegiatan exhibition dan capacity building yang melibatkan para pelaku industri. Seluruh kegiatan ini merupakan rangkaian Hulonthalo Creative Festival 2020 yang dilaksanakan mulai 07 hingga 09 Oktober 2020. (adv)

Sumber: humas.gorontaloprov.go.id