Yuk, Biasakan Hidup Sehat Dengan Berjalan Kaki

  • Whatsapp
(Foto - Istimewa)

60DTK-KESEHATAN – Dalam kehidupan saat ini, kita kebanyakan mulai enggan berjalan kaki. Kita lebih memilih moda transportasi seperti motor, mobil, maupun alat transportasi pendukung lainnya yang
lebih cepat dan lebih mudah untuk beraktivitas.

Apalagi jika kita berada di kota – kota besar, keengganan itu semakin besar. Padahal, menurut penelitian Albert Matheny, seorang Penasihat Nutrisi Promix Nutrition sekaligus Co-founder Strenght Lab, berjalan kaki dengan intesitas tertentu bisa menjadi olahraga kardiovaskular yang membawa manfaat bagi kesehatan tubuh.

Bacaan Lainnya

Senada dengan Albert Matheny, pendiri Studio Latihan Fitnes Philantrofit, Doug Sklar, juga memberi tanggapan terkait manfaat berjalan kaki.

Ia mengungkapkan, berjalan dengan intensitas tertentu bisa membantu meguatkan jantung, membakar kalori, dan dapat meningkatkan alat fungsi pernapasan.

Dalam perhitungannya secara umum, jika kita menempuh jarak dengan jalan kaki sejauh 1.6 kilo meter (km), maka kita telah membakar sekitar 100 kalori. Apalagi jika kita menggunakan metode berjalan kaki cepat, kalori bisa terbakar dengan lebih baik. Bahkan jika kita menempuh jarak antara 8-1 km dengan berjalan kaki, kalori yang dapat kira bakar bisa sampai 500 hingga 800 kalori.

Bagaimana? Jalan kaki cukup membantu untuk menurunkan kalori, bukan? Yuk, mulai hidup sehat dengan biasakan berjalan kaki! (rls)

 

Sumber : Life.kompas.com

Pos terkait