30 Ribu Ekor Benih Ikan Nila Disebar Di Persawahan Minapadi

0

60DTK – Bone Bolango : 30 ribu ekor benih ikan Nila diserbar di areal persawahan percontohan budidaya Minapadi di Desa Bongopini Kecamatan Tilongkabila. Penebaran ini dilakukan Bupati Hamim Pou, Asisten I Taufik Sidiki, Kepala DKP Fenny Monoarfa, dan sejumlah petani setempat, senin (13/8/2018).

Penyerahan bantuan sekaligus penebaran benih ikan nila di areal persawahan percontohan budidaya minapadi Desa Bongopini, ini dalam rangka untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, termasuk pendapatan petani.

Menurut Bupati Hamim, dulu kegiatan minapadi ini pernah ada, tapi tidak begitu intens maupun tidak begitu banyak. Karena itu, pemerintah mendorong kegiatan minapadi diintensifkan lagi.

”Hari ini kita memberikan 30 ribu ekor benih ikan nila untuk disebar maupun tebar di areal persawahan petani di Desa Bongopini Kecamatan Tilongkabila,”ujar Hamim.

Dia mengakui, jumlah ini memang belum banyak, tapi tahun depan pihaknya akan menyiapkan lebih kurang 200 ribu ekor benih ikan nila. Dimana setiap petani atau kepala keluarga (KK) kita akan berikan 2 ribu ekor benih ikan nila tersebut.

Kalau ada 200 ribu ekor, berarti ada puluhan KK yang akan terbantu lewat kegiatan minapadi. Ini juga untuk mengubah kebiasaan monokultur menjadi multi kultur.”Jika selama ini petani hanya menanam padi saja, tapi kalau ada ikan di dalamnya, berarti ada dua pendapatan mereka dari hasil panen padi dan dari hasil panen ikan,”urai Hamim Pou.

Dampak lain dari kegiatan minapadi ini, lanjut Bupati, akan terjadi pengurangan penggunaan pestisida di areal persawahan. Para petani bisa mengurangi biaya untuk membeli pestisida karena sudah ada ikan di dalam areal sawah tersebut. Karena kalau dikasih pestisida areal persawahannya pasti ikannya akan mati.(rls/rds)

Tinggalkan Balasan