7.500 Kubik Enceng Gondok Di Danau Perintis Sudah Dibersihkan

  • Whatsapp
Sejumlah personil dari Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) bersama dengan instansi lain berupaya untuk membersihkan Danau Perintis dari eceng gondok, Jumat (5/7/2019). Selama tiga pekan pembersihan, petugas berhasil mengangkat 7.500 kubik eceng gondok dan gulma lainnya dari dalam danau. (Foto: Salman-Humas).

60DTK – BONEBOL – Proses pembersihan Danau Perintis di Desa Huloduotamo, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango sudah berlangsung tiga pekan. Hasilnya sebanyak lebih kurang 7.500 kubik eceng gondok dan gulma lainnya yang tumbuh di danau berhasil dibersihkan.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie didampingi Sekretaris Daerah Darda Daraba serta para pimpinan OPD berkesempatan meninjau proyek pembersihan tersebut, Jumat (5/7/2019). Pembersihan dilakukan dengan melibatkan berbagai unsur baik dari Pemkab Bone Bolango, Pemprov Gorontalo serta Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi II.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

BACA JUGA : Berikut Jadwal Pemberangkatan Dan Pemulangan JCH Gorontalo

“Hasil perhitungan kami sudah 7.500 kubik yang berhasil diangkat dari danau. 5.000 di antaranya sudah dibuang ke tempat pembuangan,” jelas Kadis PUPR Provinsi Gorontalo, Handoyo.

Proses pembersihan ini merupakan tindaklanjuti dari kesepakatan bersama antara tiga pihak Pemprov, Pemkab dan BWS II untuk menjaga kelestarian danau buatan tersebut.

Ke depannya, pengelolaan danau akan diserahkan ke BWS. Harapannya bisa dikembangkan lebih baik melalui pembiayaan APBN Kementrian PUPR.

BACA JUGA : 88 Guru Ikuti Kegiatan Seleksi Guru Berprestasi Dan Berdedikasi Tahun 2019

“Setelah pembersihan ini selesai maka akan ada penyesuaian aset. Pelaksanaan (revitalisasi) selanjutnya untuk memaksimalkan potensi danau kita usulkan ke BWS,” imbuhnya.

Danau yang sudah ada sekitar tahun 1950an ini direncanakan bisa ditingkatkan fungsinya sebagai destinasi wisata, kolam retensi penanggulangan banjir serta untuk perikanan. (adv)

Sumber : Humas Gorontalo Prov 

Pos terkait