Angka Pengidap Kusta di Kota Gorontalo Terus Menurun

60DTK, Kota Gorontalo – Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Gorontalo pada tahun 2019, angka pengidap kusta 1,2 per 10.000 penduduk. Sedangkan pada tahun 2020 menjadi 0,88 per 10.000 penduduk. Ini tandanya ada penurunan kusta di Kota Gorontalo.

Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan Kono menerangkan, angka ini akan terus diupayakan diminimalisir. Hingga para pengidap Kusta benar-benar sudah tidak ada lagi di Kota Gorontalo.

Angka Pengidap Kusta di Kota Gorontalo Terus Menurun
Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan Kono, Memberikan Sambutan pada Sosialisasi dan Pencanangan Kemoprofilaksis Kusta, di Ballroom Hotel Grand Q, Kamis (18/3/2021). Foto: Istimewa

“Pada tahun 2019 ditemukan 23 kasus baru dan mengalami penurunan penemuan kasus baru sebanyak 18 kasus pada tahun 2020,” ungkap Ryan saat membawakan sambutan di kegiatan sosialisasi dan Pencanangan Komoprofilaksis Kusta tingkat Kota Gorontalo, yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Grand Q, Kamis (18/3/2021).

Baca Juga: Pemerintah Kota Gorontalo Dukung Program Bangga Kencana

Ia menambahkan, penurunan angka kusta merupakan program prioritas nasional, maka tentunya mempunyai target-target yang harus dicapai. Dalam hal ini eliminasi kusta tingkat provinsi Gorontalo dan tingkat kabupaten/ kota di tahun 2024 mendatang.

“Untuk mencapai eliminasi kusta Kementerian Kesehatan berupaya melakukan akselerasi melalui berbagai kegiatan inovasi antara lain yaitu Kemoprofilaksis. Dan untuk Kota Gorontalo akan dilaksanakan di 9 kecamatan,” jelasnya. (adv)

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles