Anies Baswedan Terpilih Jadi Ketua APPSI Setelah Mengalahkan Dua Pesaingnya

60DTK – GORONTALO – Dari 23 peserta Musyawarah Nasional (Munas) ke VI APPSI, 13 suara memandatkan jabatan ketua umum APPSI periode 2019-2023. Gubernur DKI Jakarta itu terpilih setelah memperoleh suara tertinggi dari dua calon lainnya yang masing-masing, Ridwan Kamil yang hanya mendapatkan sembilan suara dan satu suara ubstain.

“Ada tiga kandidat Ketua Umum yang diusulkan peserta Munas, masing-masing Gubernur DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Kalimantan Timur. Pak Anies terpilih dengan 13 suara, pak Ridwan Kamil sembilan suara, dan satu suara yang abstain,” kata Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim saat dihubungi usai mengikuti Munas ke VI APPSI.

BACA JUGA : Daerah Yang Tidak Masukan Data Kemiskinan Tidak Akan Diberi Bantuan Lagi

Forum Munas VI APPSI juga menetapkan delapan program kerja APPSI tahun 2019-2023, lanjut Wagub Idris. Program kerja tersebut yaitu pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) setiap tahun untuk menetapkan jenis program yang diprioritaskan serta target yang ingin dicapai, pelaksanaan workshop sesuai dengan kebutuhan provinsi yang akan dilaksanakan secara bergilir, serta penyelenggaraaan sosialisasi tentang prinsip-prinsip pemerintahan yang etis.

Program kerja berikutnya studi banding untuk peningkatan pelayanan publik oleh pemerintah daerah, menerbitkan jurnal APPSI yang berisi kajian kebijakan dan inovasi Pemerintah Provinsi, serta membuat pusat data yang berisi potensi perdagangan, industri, dan faktor-faktor pendukung bagi peningkatan kerja sama antar provinsi. Program kerja ketujuh dan kedelapan, yaitu membuat kegiatan bersama dengan lembaga-lembaga untuk pengembangan program inovasi bagi percepatan gerak pembangunan daerah, serta  pameran tahunan keberhasilan pembangunan daerah yang melibatkan unsur swasta.

BACA JUGA : Pembangunan Lingkungan Lestari Masuk RPJMD Provinsi Gorontalo 2020-2024

“Atas nama Gubernur Gorontalo saya mengucapkan selamat kepada pak Anies Baswedan yang terpilih sebagai Ketua Umum APPSI 2019-2023,” tutup Wagub Idris Rahim. (adv)

Sumber : Humas Gorontalo Prov