Berkunjung ke Maros, Bupati Pohuwato Ingin Petani Punya Penangkaran Benih Jagung

  • Whatsapp
Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga saat berkunjung ke Balai Penelitian Tanaman Serelia Kabupaten Maros dan melihat langsung proses penangkaran Jagung, Jumat (5/12/2022). (Foto: Humas Pemda Pohuwato)

60DTK, Pohuwato – Rombongan Pemda Kabupaten Pohuwato yang dipimpin oleh Bupati, Saipul A. Mbuinga berkunjung langsung ke Balai Penelitian Tanaman Serealia, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat (5/12/2022).

Dalam kesempatan itu, Bupati Pohuwato didampingi Kepala Baperlitbang, Irfan Saleh dan Kadis Pertanian, Kamri Alwi.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

Kunjungan itu, kata Saipul tidak lain untuk memperoleh gambaran mengenai tata kelola pertanian, khususnya tanaman jagung, terutama dari cara pembenihannya.

Sebab, Saipul menilai Balai Penelitian Tanaman Seralia yang ada di Kabupaten Maros ini merupakan salah satu balai penelitian pengembangan penangkaran jagung yang bagus.

“Ini adalah bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam hal penangkaran jagung di Pohuwato. Apalagi pada penelitian yang dilakukan bahwa Pohuwato sangat pas untuk menjadi penangkaran benih jagung. Oleh karena itu, kami ingin belajar dan meniru apa-apa yang ada di sini (Balai) yang kemudian insyaallah bisa kita kembangkan bersama terutama melatih para petani yang ada di Pohuwato,” ujar Saipul.

Terkait geografis Pohuwato, menurut Saipul itu tidak perlu dipaparkan lagi, karena Kepala Balai Penelitian Tanaman Serealia, Kabupaten Maros itu pernah menjadi kepala balai di Gorontalo.

“Kami kaget melihat pak Amin, ternyata sudah menjadi Kepala Balai di Kabupaten Maros yang selama dua tahun lebih bertugas di Gorontalo. Terima kasih atas penerimaannya, semoga kunjungan ini akan bermanfaat bagi daerah kami,” pungkas Saipul.

Di waktu yang sama. Kepala Balai Kabupaten Maros, Amin Nur mengajak Pemda Pohuwato untuk melakukan MoU pengembangan penangkaran benih. Pihaknya juga bersedia melatih petani menjadi penangkar benih jagung dalam rangka pemenuhan benih yang selama ini mulai sulit di dapat.

“Kita siap melatih para petani Kabupaten Pohuwato untuk penangkar benih jagung yang berkualitas,” tutur Amin. (adv)

 

Pewarta: Efendi Hasan

Pos terkait