BPMD-Capil Provinsi Gorontalo Raih Peringkat Pertama di Festival Bele Uto

60DTK, Gorontalo – Festival Bele Uto yang digelar di Ballroom Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Selasa (25/08/2020), berlangsung meriah. Berbagai macam warna dan corak sarung dipentaskan di situ.

Dalam festival tersebut juga dilakukan penilaian terhadap para peserta. Penilaian ini berdasar pada busana yang dipakai, yang sesuai dengan adat yang telah ditetapkan, yaitu kebaya dan galenggo, yang harus memperhatikan warna adat Gorontalo.

Dari hasil penilaian tersebut pun diputuskan penampilan terbaik yang mendapatkan peringkat pertama, yakni BPMD-Capil Provinsi Gorontalo, diikuti oleh Dinas PUPR sebagai penampil terbaik kedua, Badan Kesbangpol pada peringkat ke tiga, Bapppeda peringkat ke empat, Dinas Pariwisata peringkat ke lima, dan Badan Kepegawaian Daerah peringkat ke enam.

Baca juga: Pemprov Gorontalo Gelar Festival Untuk Memeriahkan HUT RI

”Alhamdulillah festival ini dikuti oleh seluruh OPD. Kedepannya ini juga bisa sebagai sosialisasi ke masyarakat bahwa kearifan lokal kita, bahwa bele uto ini bisa menjadi salah satu cara kita mencegah penyebaran Covid-19,” ungkap Kepala Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo, Yosef Koton, saat memberikan sambutan dalam penutupan festival tersebut.

Memang, Festival Bele Uto menjadi salah satu lomba yang dilaksanakan oleh Pemprov Gorontalo dalam rangka memperingati 75 tahun proklamasi kemerdekaan Indonesia. Untuk pengimplementasiannya, Yosef akan mengusulkan agar bele uto ini bisa dipakai sebagai salah satu bentuk sosialisasi, yang akan dimulai dari ASN lingkup Dikbudpora.

”Ke depan mungkin kita perlu lebih sosialisasikan lagi. Mungkin kita akan mulai dari Dikbudpora, hari Jumat mungkin bisa memakai bele uto. Nanti setelah itu, OPD lain akan ikut, ya. Kalo lihat desainnya, kan bagus,” jelasnya.

Baca juga: Idris Minta BKKBN Gorontalo Terapkan Prinsip 3 KO Dalam Jalankan Tugas

Sebagai informasi, Festival Bele Uto yang didukung sepenuhnya oleh Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo ini diikuti oleh seluruh OPD lingkup Pemprov Gorontalo. (adv)

 

Pewarta: Hendra Setiawan