Buka Pelatihan Aplikasi sim-PD, Sekda Pertegas Fungsi Perjalanan Dinas

0

60DTK – MAKASAR : Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo buka pelatihan teknis aplikasi Sistem Informasi Manajemen Perjalanan Dinas (sim-PD). Dalam sambutannya, Sekda mengungkapkan, pejalanan dinas itu bukan karena maunya kita jalan atau apa, bukan. Tetapi, dia melihat bahwa perjalanan dinas itu untuk melaksanakan manajemen pemerintahan.

BACA JUGA : Pengembangan Lapas Perempuan Masih Pada Tahap Pembebasan Lahan

Dia menambahkan, ada tiga hal terkait dengan dukungan perjalanan dinas. Ketiga hal tersebut yaitu ada program yang harus jalan dan perlu diurus sehingga muncul pergerakan yang namanya perjalanan dinas.

Ada program yang hanya bisa dilaksanakan dengan harus melalui koordinasi dan konsultasi terlebih dahulu sehingga harus melakukan perjadis, dan ada program disuatu wilayah yang tidak serta merta menjadi milik satu pihak seperti provinsi saja, namun ada juga milik kabupaten/kota bahkan pemerintahan pusat.

“Ada program yang bisa langsung dilaksanakan, namun ada yang tidak serta merta bisa langsung dilakukan melainkan harus melalui koordinasi dan konsultasi, sehingga diperlukan untuk mengunjungi sebuah tempat atau perjalanan,” terang Sekda. Sabtu (9/2/2019).

Menyangkut sitem perjalanan dinas, Darda menyebutkan bahwa ini berarti ada yang perlu ditata.

“Kenapa perlu ditata? Semua perlu ditata karena keterbatasan sumber daya baik dari sumber daya anggaran, orang, peralatan dan bahan,” ungkapnya

Darda yang pernah berkarir di Kementerian PU RI ini juga menyebutkan jika kegiatan ini penting karena mengatur amanah yang diperintahkan oleh gubernur menyangkut amanah Peraturan Gubernur nomor 2 Tahun 2019 terkait bagaimana menata perjalanan dinas karena terbatasnya anggaran.

BACA JUGA : Kris Wartabone : Ada Pihak Yang Memperkeruh Hubungan Rusli Dan Darwis

Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari ini diikuti 121 orang yang terdiri dari petugas administrator, operator dan bendahara pengeluaran pada setiap OPD lingkup Pemerintahan Provinsi Gorontalo. Narasumber berasal Tim Pengembang Aplikasi SIM-PD.

Selain Kepala Badan Keuangan Provinsi Gorontalo, turut hadir Kasubid Perwakilan Makassar.

 

 

Tinggalkan Balasan