Bupati Trenggalek Pimpin Musrenbang RKPD 2021 Secara Online

  • Whatsapp
Suasana Musrenbang RKPD Trenggalek T.A 2021 yang digelar secara online di Smart Center Trenggalek, Kamis (09/04/2020). Foto : Hardi/60dtk.

60DTK – Trenggalek : Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kinerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Trenggalek Tahun Anggaran 2021, digelar secara online (daring). Cara ini dilakukan untuk mendukung langkah pemerintah dalam mencegah penyebaran virus corona (covid-19).

Musrenbang yang mengangkat tema “Memajukan Ekonomi Rakyat Melalui SDM Kreatif dan Ekosistem Terjaga”, dibuka langsung oleh Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, Kamis (09/04/2020).

Bacaan Lainnya

“Kita harus inline dengan misi presiden dan wakil presiden. Dalam hal ini presiden secara sederhana mengungkapkan ingin melihat Indonesia yang maju melalui SDM yang unggul,” ujar Nur Arifin.

Menurutnya ada lima prioritas yang ditekankan yakni membangun Sumber Daya Manusia, melanjutkan pembangunan infrastruktur, menyederhanakan segala bentuk birokrasi dan regulasi, serta transformasi ekonomi.

“Visi misi tersebut sesuai dengan Perpres Nomor 80 Tahun 2019. Di mana, terdapat lima prioritas pengembangan kawasan Selingkar Wilis dan Jalan Lintas Selatan,” jelas Nur Arifin.

“Ini adalah keuntungan bagi kita. Di mana dengan adanya Perpres ini, posisi Trenggalek menjadi strategis di Jawa Timur,” tandasnya.

Dalam Musrenbang RKPD 2021 itu, ada beberapa kawasan cepat tumbuh yang akan didorong ke depan. Kawasan itu di antaranya ialah Kecamatan Watulimo, Munjungan dan Panggul yang akan menjadi prioritas di Kawasan Selatan.

Kemudian di Selingkar Wilis ada Kecamatan Bendungan dengan potensi berbasis agro. Selanjutnya, Kecamatan Durenan sebagai pintu penghubung antara Tulungagung maupun Kediri, Jalan Nasional hingga Ponorogo. Di tengah Trenggalek terdapat kawasan cepat tumbuh di Kecamatan Pule dengan potensi empon-empon.

Pewarta : Hardi Rangga

Pos terkait