Deprov Khawatir TPA Talumelito Akan Penuh Hanya Dalam Beberapa Tahun

  • Whatsapp
Deprov Khawatir TPA Talumelito Akan Penuh Hanya Dalam Beberapa Tahun
Jajaran Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo saat meninjau TPA Talumelito, Kamis (27/01/2022). (Foto: Istimewa)

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo khawatir Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Talumelito di Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo, akan penuh hanya dalam waktu beberapa tahun ke depan.

Sebabnya, sampah yang masuk ke TPA Talumelito ini setiap harinya begitu banyak. Bukan hanya dari wilayah Kabupaten Gorontalo saja, tapi juga dari Kabupaten Bonebolango dan Kota Gorontalo.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

“Jumlah sampah yang masuk itu sangat besar. Oleh karena itu, kami khawatir kapasitas TPA Talumelito tidak mampu lagi sehingga akan cepat penuh,” aku Anggota Komisi III, Ismail Alulu, Kamis (27/01/2022).

Jajaran Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo saat meninjau TPA Talumelito, Kamis (27/01/2022). (Foto: Istimewa)

Ismail menuturkan, salah satu faktor yang membuat begitu banyak sampah masuk ke TPA Talumelito adalah karena tempat pembuangan sementara yang ada di wilayah kabupaten dan kota sejauh ini banyak yang belum beroperasi.

Padahal, kata Ismail, fasilitas tersebut sengaja diadakan supaya tidak semua sampah di masing-masing wilayah dibawa dan masuk ke TPA Talumelito.

“Setelah kami dapatkan informasi ini, kami akan mengundang pihak-pihak terkait. Kita akan minta penjelasan kenapa tempat sampah itu tidak difungsikan,” bebernya.

Andai ada kendala dalam pemanfaatan tempat pembuangan sementara, Ismail mengaku bahwa pihaknya akan coba mencarikan solusi. Pasalnya, mereka sangat berharap fasilitas yang diadakan dengan uang negara tersebut bisa bermanfaat.

“Kalau misalnya itu harus ada operasional dan lain-lain, itu akan kita bicarakan dan kita akan dorong. Kalau ada jalan keluarnya, kenapa tidak dicarikan solusi,” tandasnya.¬†(adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait