Dinas Kelautan dan Perikanan Gorut Beri Bantuan ke 55 Nelayan

60DTK, Gorontalo Utara – Setelah melalui beberapa tahapan yang dilakukan oleh pihak Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gorontalo Utara, saat ini ada 158 masyarakat nelayan yang siap mendapatkan bantuan.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Bidang Perikanan Tangkap, melalui Kepala Seksi Sarana Prasarana, Syarifudin Demolingo, dari total 158 Penerima bantuan ini masing-masing terdaftar dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan juga berasal dari koperasi.

Kepala Seksi Sarana Prasarana Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Gorut, Syarifudin Demolingo, saat menyalurkan langsung bantuan boks fiber kepada masyarakat nelayan, Kamis (17/06/2021). (Foto: Usman 60dtk)

Dari jumlah tersebut, sejauh ini baru ada 55 orang yang sudah menerima bantuan, yang terdiri dari penerima gill net, boks fiber, lampu LED penarik ikan, dan mesin katinting.

expo

Baca juga: Tahun Depan, DKP Gorut Target 30 Motor Box Tersalurkan

“Yang masuk dalam DTKS ada 68 orang, yang masuk lewat koperasi itu ada 90 orang, jadi totalnya ada 158 orang. Karena syarat penerima bantuan itu harus berbadan hukum, jadi bagi mereka yang tidak masuk dalam DTKS, daripada mereka lagi sibuk mengurus akta notaris untuk badan hukum, maka kami kasih lewat badan hukum koperasi, sehingga mereka menjadi anggota koperasi dan wajib menyetor simpanan wajib dan pokok,” jelas Syarifudin, Kamis (17/06/2021).

Adapun bantuan yang diserahkan tahun ini di antaranya adalah gill net 11 paket, lampu LED 14 paket, boks fiber 12 unit, mesin katinting 18 unit, mesin tempel 15 PK 20 unit, mesin diesel 23 PK 2 unit, mini purse seine 2 paket, rumpon mini 6 paket, rumpon 2 paket, kapal < 3GT 8 unit.

“Penerima kapal perkelompok, untuk kapal yang <3 GT itu 1 kelompok yang jumlahnya 3 orang, kalau kapal 3–4 GT, kapal 3–5 GT dan bagan itu 4 sampai 5 orang, dan yang lain itu hanya perorangan, satu orang 1 paket,” tambahnya.

Baca juga: Dua Kelompok Terima Bantuan Sarana Budidaya Air Payau dari DKP Gorut

Dengan diserahkannya bantuan ini, pihak Dinas Kelautan dan Perikanan Gorontalo Utara, khususnya di Bidang Perikanan Tangkap berharap produksi hasil tangkapan ikan bagi masyarakat nelayan bisa meningkat dari yang sebelumnya.

“Alhamdulillah sejauh ini sudah mengalami peningkatan, meskipun tidak secara signifikan karena faktor cuaca dan lainnya. Maka melalui bantuan ini kami berharap agar produksi hasil tangkapan ikan di Gorontalo Utara lebih meningkat dari yang sebelumnya, terutama dari segi pendapatan masyarakat nelayan,” tutup Syarif. (adv)

 

Pewarta: Usman Dai

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles