Dinas P3AP2KB Kota Blitar Gelar Pelayanan KB Khusus Pria

60DTK, Blitar – Guna memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat melalui pelayanan Keluarga Berencana (KB), Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Blitar menggelar jambore pelayanan KB Metode Operasi Pria (MOP) di Balai Kota Kusumo Wicitro, Kamis (13/08/2020).

“Semboyannya masih sama, dua anak cukup. Kalau dulu pelayanan KB fokus pada wanita, sekarang laki-laki pun juga bisa dilaksanakan melalui akseptor MOP ini,” terang Walikota Blitar, Santoso kepada awak media, usai membuka pelaksanaan jambore tersebut dengan resmi.

Baca juga: Sambut Tatanan Kehidupan Baru, Pemkot Blitar Gelar Gerakan Memakai Masker

Ia menuturkan, ada peningkatan jumlah akseptor MOP yang digelar kali ini, karena Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, melalui DP3AP2KB Kota Blitar mewujudkannya dengan pelayanan KB gratis untuk masyarakat.

“Ini adalah bentuk komitmen Pemkot Blitar dalam hal memberi pelayanan KB gratis kepada masyarakat,” imbuhnya.

Baca juga: Rapat Paripurna DPRD Kota Blitar, Wali Kota Santoso Sampaikan Tanggapan Pencapaian Realisasi Semester Pertama

Adapun dalam kegiatan kali ini, DP3AP2KB Kota Blitar menargetkan 150 orang. Nantinya secara bertahap akan diadakan sosialisasi terlebih dahulu, di mana yang akan melaksanakan operasi pada akseptor MOP ini adalah para petugas dari RS Ngudi Waluyo.

“Masing-masing akseptor MOP juga akan mendapat reward sebesar Rp1.600.000, supaya tahun depan ada peningkatan untuk bapak-bapak mengikuti program ini,” kata Santoso.

Baca juga: Momen Iduladha, Ini Pesan Walikota Blitar

“Metode operasi pria ini adalah, sel sperma dibuat kanalisasi sehingga sel sperma tidak bisa membuahi sel telur. Sehingga, bapak-bapak bisa mengatur kehamilan istrinya sesuai kemampuan ekonominya,” pungkasnya. (adv/hms)

 

Pewarta: Achmad Zunaidi