Momen Iduladha, Ini Pesan Walikota Blitar

60DTK, Blitar – Walikota Blitar, Santoso mengatakan, dalam momentum hari raya Iduladha, setiap umat muslim wajib meneladani apa yang sudah dilakukan Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Ismail.

Hal itu Ia katakan kepada wartawan, usai melaksanakan salat Iduladha, dan menyerahkan hewan kurban di Masjid Agung Kota Blitar, Jumat (31/07/2020).

Santoso berharap, dalam momentum Iduladha 1441 ini masyarakatnya dapat mengambil hikmah, sebagai bentuk ketaatan terhadap perintah Allah SWT.

“Kita sebagai umat manusia, harus bisa memetik hikmahnya, salah satu di antaranya, bagaimana kepasrahan kita kepada Allah SWT. Meneladani apa yang sudah dicontohkan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail,” ujarnya.

Baca juga: Kejar Target, Paslon Walikota Blitar Santoso/Tjutjuk Resmikan Posko Pemenangan

Selain itu, calon Walikota Blitar dari PDIP dan Partai Gerindra untuk Pilkada 2020 ini juga mengatakan, melalui kurban kita dapat meningkatakan rasa sosial kepada sesama. Lebih-lebih kepada orang yang masih kekurangan dalam segi ekonomi.

“Inilah saatnya kita untuk memberikan suri teladan. Jadi implementasi dari bentuk apresiasi terhadap ajaran yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail ini adalah lebih meningkatkan rasa kebersamaan dan jiwa sosial kita akan semakin dalam,” lanjut Santoso.

Meski begitu, mengingat masih di tengah pandemi Covid-19 ini, Santoso juga mengajak masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan, baik pada saat penyembelihan hewan kurban, maupun pembagian. Agar tidak bertambah klaster-klaster baru penyebaran Covid-19.

“Kalau kita melakukan tiga hal yang diimbau oleh pemerintah, yakni membiasakan cuci tangan pakai sabun, selalu memakai masker, dan menjaga jarak. Tiga hal itu jika dilakukan, Insyaallah bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” imbuhnya.

Sebagai informasi, dalam momentum ini, Pemkot Blitar telah menyerahkan hewan kurban berupa 1 ekor sapi, serta 53 ekor kambing, yang didistribusikan ke seluruh Masjid dan Musala di Kota Blitar. (adv/hms)

 

Pewarta: Achmad Zunaidi