Dinas Pertanian Perkenalkan Cara Tanam Tabela Untuk Petani

  • Whatsapp

60DTK – GORONTALO – Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo bersama Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Gorontalo melakukan Gerakan Pertanaman dengan menggunakan cara Tanam Benih Langsung (Tabela), di Desa Dutohe Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango, Jumat (30/8/2019).

Kadis Pertanian Mulyadi D Mario pada kesempatan tersebut mengatakan, sistem tanam padi dengan cara ditaburkan secara langsung sudah dikenal oleh petani Indonesia, terutama oleh petani yang membudidayakan padi gogo atau gogo rancah.

Bacaan Lainnya

Salah satu dasar dikembangkannya sistem ini adalah untuk meningkatkan efisiensi produksi, terutama efisiensi dalam penggunaan tenaga kerja tanam.

BACA JUGA : Labvet Gorontalo Gelar Pemeriksaan Kesehatan Hewan Di Mongolato

“Sistem tanam benih langsung (tabela) merupakan sistem penanaman tanaman padi tanpa melalui persemaian dan pemindahan bibit,” jelas Mulyadi.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo Mulyadi D Mario, upaya ini bisa dijadikan motivasi penerapan teknologi Tanam Benih Langsung untuk percepatan tanam, dimana ketersediaan air masih ada saat musim kemarau.

“Kami melakukan gerakan ini adalah untuk memotivasi petani, meskipun dalam musim kemarau seperti ini masih tersedia cukup air kita manfaatkan agar air yang ada tidak terbuang dengan percuma dan kita dorong para petani untuk melakukan pertanaman dengan sistem Tabela,” katanya.

BACA JUGA : Pemprov Adakan Sayembara Foto Bagi Pegawai Dan Karyawan Yang Kedapatan Merokok

Sementara itu Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian Kementerian Pertanian, Lely Nuryati mengungkapkan adanya kesiapan penyuluh dalam penerapan Tabela di Provinsi Gorontalo.

“Penyuluh sebagai garda terdepan dalam proses adopsi teknologi sudah kita bekali tentang teknologi penanaman padi menggunakan metode Tabela. Dengan penggunakan metode ini akan mempercepat Luas Tambah Tanam untuk provinsi Gorontalo,” papar Lely. (adv)

Sumber : Humas Gorontalo Prov 

 

Pos terkait