DKP Gorut Minta Nelayan Hanya Gunakan Alat Tangkap Ramah Lingkungan

60DTK, Gorontalo Utara – Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Manda Sunge meminta agar nelayan menggunakan alat tangkap yang ramah akan lingkungan.

Hal ini diimbau untuk menjaga kelestarian alam bawah laut agar tidak tercemar atau rusak akibat banyaknya aktivitas nelayan yang melakukan penangkapan ikan,

Wali Kota Gorontalo, Marten Taha saat berada di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo, Senin (20/09/2021). (Foto: Hendra 60dtk)

“Kami pihak dinas meminta kepada masyarakat untuk menjauhi memakai alat tangkap ikan yang tidak ramah terhadap lingkungan,” ujar Manda saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Senin (20/09/2021).

expo

Baca juga: Indra Yasin Pastikan Umat Beragama di Gorut Sangat Rukun

Menurutnya, alat tangkap yang merusak lingkungan sangat berdampak besar terhadap ekosistem laut.

“Tidak hanya nelayan, tetapi juga ekosistem bawah laut juga akan rusak, dan itu akan mengakibatkan hasil tangkapan ikan yang tidak maksimal, dan juga berdampak bagi kelangsungan hidup masyarakat nelayan ke depan,” jelasnya.

Untuk saat ini, pihak dinas pun tidak mengetahui apakah masih ada masyarakat yang menggunakan alat tangkap ikan yang dapat merusak lingkungan. Pasalnya, fungsi pengawasan saat ini bukan lagi kewenangan pihak dinas, melainkan sudah menjadi wewenang provinsi.

Baca juga: Peserta KKN di Gorut Diharapkan Bisa Bantu Sosialisasi Soal Vaksinasi

“Kalau untuk masyarakat nelayan yang masih menggunakan alat tangkap yang dilarang, kami sudah tidak tahu lagi, karena sudah bukan wewenang kami di dinas untuk itu,” tegas Manda. (adv)

 

Pewarta: Usman Dai

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles