Gelar Perayaan Maulid Nabi SAW, Ini Harapan Bupati Pohuwato

  • Whatsapp
Bupati Pohuwato saat memberikan sambutan pada kegiatan perayaan Maulid Nabi Muhammad saw. di Masjid Agung Baiturrahim, Jumat (7/10/2022). (Foto: Humas Pemda Pohuwato)

60DTK, Pohuwato – Pemerintah Daerah (Pemda) Pohuwato bersama sejumlah pemangku adat menggelar perayaan Maulid Nabi Muhammad saw. tingkat kabupaten yang dilaksanakan di Masjid Agung Baiturrahim, Jumat (7/10/2022).

Acara tersebut diawali dengan penjemputan Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga yang didampingi Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igrisa di Rumah Dinas Bupati dengan prosesi adat Gorontalo.

Bacaan Lainnya

Lewat sambutannya, Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga menjelaskan, peringatan Maulid Nabi Muhammad saw. yang tiap tahun dilaksanakan merupakan momen hari yang agung.

“Rasulullah saw. telah melakukan perubahan besar dalam masyarakat tidak dengan jalan kekerasan, tapi dengan dakwah yang menimbulkan simpati,” ujar Saipul.

Ia menambahkan, peringatan Maulid Nabi juga menjadi momentum strategis guna menggugah kesadaran kita untuk senantiasa menjadikan Nabi Muhammad saw. sebagai suri teladan yang baik.

“Pada momentum ini hendaknya menjadi pengingat bagi kita untuk menyebarkan paradigma Islam sebagai rahmatan lil alamin dan mampu berbagi rahmat, manfaat kepada lingkungan sekitar,” lanjutnya.

Sebagai daerah dengan masyarakat yang plural, Saipul berpesan agar masayarakat Kabupaten Pohuwato dapat mengikuti sikap Rasulullah saw..

“Sesama umatnya, senantiasa kita sama-sama mengembangkan sikap saling menghormati, berjiwa damai dan berkeadilan serta bertoleransi dengan saudara kita yang beragama lain,” harapnya di akhir sambutan.

Sementara itu, usai pelaksanaan secara nasional, perayaan Maulid Nabi dilanjutkan dengan perayaan tradisional Gorontalo yang diawali dengan doa dan dikili (doa). (adv)

 

Pewarta: Efendi Hasan

Pos terkait