H-1 Pilkada, Idris Tinjau Langsung TPS di Kabgor

  • Whatsapp
Wagub Gorontalo, Idris Rahim (kedua kiri), bersama forkopimda saat meninjau TPS 2 Desa Mongolato, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, Selasa (8/12/2020). (Foto: Haris, Humas)

60DTK, Gorontalo: Wakil Gubernur (Wagub) Gorontalo, Idris Rahim bersama sejumlah pimpinan forkopimda, Bawaslu Provinsi Gorontalo, KPU Kabupaten Gorontalo (Kabgor), dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Gorontalo, meninjau persiapan sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kabgor, Selasa (8/12/2020).

Sebelum turun meninjau lokasi TPS, Idris juga menyempatkan melakukan peninjauan di KPU dan Bawaslu Kabgor. Sesuai informasi, jumlah DPT di Kabgor ada sebanyak 283.848 jiwa yang terbagi di 811 TPS dan tersebar di 205 desa/kelurahan dan 19 kecamatan. Sementara untuk KPPS sendiri berjumlah 5.677 orang dan telah selesai diuji cepat (rapid test).

Bacaan Lainnya
banner 468x60

Usai meninjau KPU dan Bawaslu Kabgor, Idris bersama rombongan langsung menuju lokasi pertama, yaitu TPS 1 Kelurahan Hutuo, Kecamatan Limboto. Saat peninjauan, sejumlah petugas KPPS sedang melaksanakan pemasangan dekorasi TPS. Jumlah DPT yang tercatat di TPS ini sebanyak 466 pemilih. Namun, terdapat 14 DPT yang hingga saat akhir pembagian surat, pemilih tidak diketahui keberadaannya.

Baca juga: Rusli Yakin Pohuwato Sudah Siap Untuk Pemungutan Suara Esok

Selanjutnya rombongan bergeser ke TPS 1 Desa Tuladenggi, Kecamatan Telaga. Di TPS yang memiliki DPT sejumlah 296 ini, menyisakan 20 undangan ke DPT yang tidak beredar, 18 orang di antaranya berada di luar daerah, dan 2 orang meninggal.

Di lokasi kunjungan terakhir, wagub meninjau TPS 2 Desa Mongolato, Kecamatan Telaga. Dengan jumlah DPT sebanyak 399, terdapat 21 surat undangan yang tidak tersalur dengan alasan berada di luar daerah dan alamat tidak didapat.

Terkait sejumlah DPT yang hingga H-1 belum diketahui lokasi keberadaanny itu, Idris pun meminta agar pihak penyelenggara bisa melacak lagi DPT yang tersebut.

Baca juga: Rusli Evaluasi Kinerja Jajarannya Setahun Terakhir

“Insyaallah sebentar saya suruh lacak lagi melalui lurah, agar mereka bisa memilih pada tanggal 9 Desember,” urai Idris.

“Semuanya saya lihat di lapangan di masing-masing TPS sudah siap dan mudah-mudahan pemungutaan suara besok 9 Desember bisa berlangsung dengan lancar, aman, berintegritas, dan bermartabat,” harap Idris.

Ia pun mengimbau agar pilkada ini bisa berlangsung aman dengan dukungan semua pihak.

Baca juga: Saat Rapat Paripurna, Deprov Bahas Penurunan Angka Kemiskinan Di Gorontalo

“Semuanya tentunya tidak hanya dilakukan KPU dan Bawaslu, tapi juga semua stake holder pemerintah daerah bersama semua unsur TNI Polri, dan unsur dukcapil telah bekerja keras. Mudah-mudahan Pilkada Gorontalo bisa berlangsung dengan aman,” tutup Idris. (adv/rls)

 

Sumber: Humas Pemprov Gorontalo

Pos terkait