Hari Pangan Sedunia, Dispan Provinsi Gorontalo Bagi 1000 Paket Pangan Lokal

  • Whatsapp
Sekdaprov Gorontalo, Darda Daraba, saat memberikan sambutan pada acara Hari Pangan Sedunia tingkat Provinsi Gorontalo, yang diselenggarakan oleh Dinas Pangan Provinsi Gorontalo di depan Rumah Jabatan Gubernur Gorontalo, Sabtu (7/11/2020). (Foto: Nova, Humas Pemprov)

60DTK, Gorontalo: Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) tingkat Provinsi Gorontalo, Dinas Pangan Provinsi Gorontalo membagikan 1000 paket pangan lokal secara gratis kepada masyarakat, yang digelar di depan Rumah Jabatan Gubernur Gorontalo, Sabtu (7/11/2020).

Adapun paket pangan lokal tersebut terdiri dari ubi jalar, singkong, pisang, jagung, jantung pisang, dan telur yang siap saji.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pangan Provinsi Gorontalo, Sutrisno mengatakan, aksi bagi-bagi paket pangan lokal pada HPS kali ini bertujuan untuk memotivasi masyarakat dalam upaya pemenuhan kebutuhan pangan keluarga, mulai dari pengadaan pangannya; pola konsumsi masyarakat yang beragam, bergizi, dan aman (B2SA); serta tidak mengonsumsi pangan secara berlebihan.

Baca juga: Pemprov Gorontalo Mulai Tingkatkan Sinergitas Antarpelaku Sumber Daya Ekonomi Daerah

“Ini adalah upaya kepedulian kita semua dalam rangka Hari Pangan Sedunia dan pentingnya pangan untuk masyarakat. Pangan yang sehat agar masyarakat sehat,” ungkap Sutrisno.

Di tempat yang sama, Sekdaprov Gorontalo, Darda Daraba pun memberikan apresiasi kepada masyarakat dan instansi-instansi yang aktif melakukan perannya masing-masing di tengah pandemi saat ini, dengan turut mendukung ketahanan pangan di Provinsi Gorontalo.

“Karbohidrat itu bukan hanya ada di nasi, tetapi kita pun bisa mendapatkannya di pangan lokal seperti jagung, ubi, singkong, dan pisang. Insyaallah pelan-pelan kita memberikan pemahaman kepada masyarakat, pangan lokal ini akan menjadi konsumsi utama masyarakat Gorontalo,” imbuh Darda.

Baca juga: KKIG Palembang Terkesan Dengan Keakraban Rusli-Herman

Diketahui, selain aksi bagi-bagi pangan lokal, dalam kesempatan itu Dinas Pangan Provinsi Gorontalo juga mengadakan kegiatan sosialisasi diversifikasi pangan lokal untuk mendukung ketahanan pangan nasional, serta kampanye atau gerakan sosialisasi bebas sampah (zero waste), yakni tidak ada sampah makanan dan tidak ada pangan yang terbuang.

Selain itu, ada juga pemberian bantuan kepada kelompok pengembangan usaha pangan masyarakat dan kelompok pertanian keluarga; serta pemberian penghargaan kepada institusi atau lembaga yang berkontribusi dan bersinergi penuh untuk mendukung ketahanan pangan di Provinsi Gorontalo. Hal ini diserahkan kepada Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Polda Gorontalo, serta Korem 133/Nani Wartabone.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua PKK Provinsi Gorontalo, Kepala BPTP Gorontalo, Asisten Ekonomi Pembangunan Setdaprov, Asisten Administrasi Umum Setdaprov, perwakilan Polda Gorontalo, perwakilan Korem 133/NWB, dan perwakilan Bank Indonesia Gorontalo. (adv/rls)

 

Sumber: Humas Pemprov Gorontalo

Pos terkait