Ingin Angkat Pamor IKM, Dekranasda Kabgor Akan Gunakan Momen Festival Kelapa Internasional di Bali

  • Whatsapp
Ketua Dekranasda Kabgor, Fory Armin Naway saat memimpin rapat persiapan pameran Dekranasda untuk Festival Kelapa Internasional, Kamis (5/09/2019). (Foto - Humas Pemkab Gorontalo)

60DTK – KABGOR – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Gorontalo (Kabgor), Fory Armin Naway mengaku akan menghadiri undangan Panitia Pelaksana Festival Kelapa Internasional dirangkaikan dengan pameran produk Industri Kecil Menengah (IKM) di Karangasem, Bali, yang akan diselenggarakan pada tanggal 14 hingga 17 September 2019 mendatang.

“Dekranasda Kabgor akan penuhi undangan panitia untuk pamerkan produk IKM,” ungkap Fory usai melaksanakan rapat persiapan pameran Dekranasda, Kamis (5/09/2019).

Bacaan Lainnya

Baca : Pemkab Gorontalo Gelar Pelatihan Kerajinan Daur Ulang Sampah Untuk IKM

Menurutnya, kegiatan tersebut sangat perlu diikuti mengingat dalam aspek inovasi, Dekranasda Kabgor telah melakukan pembinaan untuk mengembangkan produk – produk IKM yang bervariasi sesuai dengan permintaan maupun selera pasar.

Selain itu, melihat industri kemeja kerawang (karawo) yang sudah dikenal masyarakat luas, menurutnya sudah saatnya para pengrajin melebarkan usahanya dengan membuat jenis lainnya seperti tas, taplak meja, serta aksesoris lainnya yang berbahan dasar anyaman kerawang.

“Demikian juga dengan industri kerajinan lainnya, seperti kerajinan yang berbahan baku eceng gondok yang bisa banyak ditemukan di Danau Limboto. Pokoknya Dekranasda selalu berusaha memfasilitasi pengrajin untuk melakukan inovasi produk yang lebih terterima oleh pasar,” papar Fory.

Baca : Dekranasda Akan Fasilitasi Pelaku IKM Di Kabupaten Gorontalo

Ia pun mengungkapkan, Dekranasda Kabgor akan memanfaatkan momen Festival Kelapa Internasional nanti sebaik – baiknya untuk mempromosikan kerajinan khas Gorontalo yang melibatkan para pengrajin dari IKM atau Home Industri.

“Apa yang dilakukan oleh Dekranasda Kabgor ini merupakan bagian dari komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan pengrajin, sekaligus memberi penguatan terhadap program pemerintah Kabgor dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah,” tandas Fory mantap. (adv/Andi)

 

 

 

Sumber : Humas Pemkab Gorontalo

Pos terkait