Dekranasda Akan Fasilitasi Pelaku IKM di Kabupaten Gorontalo

  • Whatsapp
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Gorontalo, Fory Armin Naway saat melihat secara langsung produk IKM pada kegiatan Pelatihan Daur Ulang Sampah di Hotel Limboto Indah, Rabu (28/08/2019). (Foto - Humas Pemkab Gorontalo)

60DTK – KABGOR – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Gorontalo (Kabgor), Fory Armin Naway menuturkan pihaknya bertekad memfasilitasi pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dalam menghasilkan produk – produk kerajinan yang sesuai keinginan konsumen.

Hal itu Ia ungkapkan saat memberikan sambutan sekaligus membuka dengan resmi kegiatan Pelatihan Kerajinan Daur Ulang Sampah di Hotel Limboto Indah, Rabu (28/08/2019).

Bacaan Lainnya

Baca juga : Fory: Dekranasda Berperan Penting Dalam Pembinaan Pelaku Kerajinan

“Dekranasda Kabgor akan terus melakukan upaya memfasilitasi dan membantu pengrajin dalam masalah inovasi, promosi, dan akses pasar, serta pembinaan dalam mengembangkan produk – produk yang bervariasi sesuai permintaan maupun selera pasar,” tutur Fory.

Ia menjelaskan, hal ini dilakukan mengingat keberadaan IKM di Kabgor sangat penting sebagai wadah bagi para pengrajin untuk meningkatkan kesejahteraannya, serta mampu memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi daerah.

“Ada banyak sampah yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku IKM. Di antara banyaknya sampah itu antara lain, koran bekas, dan gelas atau botol air mineral. Ini kemudian dikreasi menjadi berbagai jenis barang benilai seni,” tambahnya.

Sementara itu, kaitannya dengan pelatihan kali ini, Fory menjelaskan bahwa target yang ingin dicapai adalah meningkatkan pengetahuan peserta tentang bagaimana mendaur ulang sampah hingga menjadi produk kerajinan bernilai seni tinggi.

“Menunjang potensi pelaku usaha untuk menumbuh kembangkan produk dan membangun peningkatan ekonomi. Sampah plastik sulit terurai sehingga alangkah baiknya dikelola untuk meningkatkan pendapatan,” tutupnya. (Andi/rls)

 

 

 

Sumber : Humas Pemkab Gorontalo

Pos terkait