Fory: Dekranasda Berperan Penting Dalam Pembinaan Pelaku Kerajinan

  • Whatsapp
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Gorontalo, Fory Armin Naway saat memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan Pelatihan Kerajinan Daur Ulang Sampah di Hotel Limboto Indah, Rabu (28/08/2019). (Foto - Humas Pemkab Gorontalo)

60DTK – KABGOR – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Gorontalo (Kabgor), Fory Armin Naway mengungkapkan peran penting Dekranasda dalam pembinaan dan pengembangan pelaku kerajinan daur ulang sampah.

Adapun beberapa peran yang dimaksud ialah melakukan regenerasi Sumber Daya Manusia (SDM) pengrajin yang unggul melalui pelatihan, memberikan pembinaan, pemasaran produk, hingga pengembangan produk IKM.

Bacaan Lainnya

Baca juga : Pemkab Gorontalo Gelar Pelatihan Kerajinan Daur Ulang Sampah Untuk IKM

Tak hanya itu, ia juga mengungkapkan peran lainnya yang begitu penting adalah membina kelompok – kelompok usaha IKM untuk memanfaatkan teknologi guna meningkatkan daya saing serta memperluas akses.

“Peran berikut yang terus dilakukan adalah mempromosikan hasil produk IKM dan menyiapkan show room Dekranasda Kabgor untuk menjual oleh – oleh khas daerah hasil dari IKM,” jelas Fory saat membuka kegiatan pelatihan kerajinan daur ulang sampah di Hotel Limboto Indah, Rabu (28/08/2019).

Untuk itu, pelaku IKM diharapkan punya ide kreatif untuk mendaur ulang berbagai macam sampah seperti botol plastik menjadi barang yang menarik bahkan memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

“Juga meningkatkan daya saing produk kerajinan berbasis kearifan lokal dengan selera global, diperlukan inovasi, kreatifitas, dan hubungan baik dengan berbagai lembaga,” tukasnya. (Andi/rls)

 

 

 

Sumber : Humas Pemkab Gorontalo

Pos terkait