Penjabat Gubernur Ajak Dekranasda Gorontalo Studi Tiru Kerajinan di Bali

  • Whatsapp
Penjabat Gubernur Ajak Dekranasda Gorontalo Studi Tiru Kerajinan di Bali
Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer (kanan) memimpin rapat lanjutan terkait hasil Rakornas Dekranas beberapa waktu lalu di Jakarta. Rapat lanjutan ini berlangsung di Aula Rumah Dinas Wakil Gubernur Gorontalo, Jumat (7/10/2022). Foto: Fikri.

60DTK.COM – Penjabat Gubernur Hamka Hendra Noer mengajak Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Gorontalo melakukan studi tiru sentra kerajinan di Bali.

Hal ini ia sampaikan saat memimpin rapat Dekranasda Provinsi Gorontalo di Aula Rumah Jabatan Wakil Gubernur Gorontalo, Jumat (7/10/2022).

Bacaan Lainnya

Hamka menilai, Bali merupakan destinasi wisata dunia dan tentu memiliki beragam sentra kerajinan dari UMKM di bawah binaan Dekranasda.

“Nah kendala kita memang belum punya tempat. Nanti kami bantu, kita cari tempat di mana kira-kira. Tentu gedungnya harus model industrian, kita akan bentuk ragam Gorontalo di situ,” jelas Hamka.

Hamka menambahkan, Dekranasda punya peran penting membantu pemerintah bangkit usai Pandemi COVID-19 melandai yang memang berdampak signifikan terhadap ekonomi daerah.

Sehingga ke depannya, Hamka menyarankan Program Dekranasda Provinsi Gorontalo pada tahun 2023 harus bisa menstabilkan pemasaran produk lokal.

“Tahun depan kita usahakan ikut serta dalam Indonesia Fashion Week. Kenalkan kerajinan karawo, tentu kerajinan karawo ini juga lebih bagus,” pinta Hamka.

“Sekarang saja lagi ada event PKPI, kita bisa melihat banyak pengunjung yang datang, sehingga hotel-hotel kita penuh. Mari kita sama-sama bangkit, memperjuangkan kepentingan pengrajin dengan mendorong semangat kewirausahaan,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo Gamaria Monoarfa menyampaikan, rapat ini sebagai tindaklajut Rakornas Dekranas di Istana Wakil Presiden beberapa waktu lalu.

Gamaria menambahkan, tujuan utama dari rakornas tersebut untuk membahas penyusunan program kerja Dekranas dan Dekranasda seluruh Indonesia termasuk Gorontalo.

“Kami mengunjungi sentra kerajinan di Bali, dan itu benar sangat luar biasa. Saya ajak teman-teman semua mari aktif bekerjasama, ke depan Gorontalo harus semakin terkenal di tingkat nasional,” imbuh Gamaria. (ksm/rls)

Pos terkait