Ini Penyebab Lion Air Gorontalo-Makassar Putar Balik ke Bandara Jalaludin

60DTK-Gorontalo: Pesawat Lion Air dengan rute Gorontalo-Makassar terpaksa harus kembali lagi ke Gorontalo karena mengalami kerusakan. Padahal pesawat dengan nomor penerbangan JT-891 itu, sudah 27 menit mengudara, Kamis (19/9/2019).

BACA JUGA: Spare Part Pesawat Lion Air Yang Return to Base Akan Tiba Malam Ini

Saat dikonfirmasi, Kepala Bandara Jalaludin Gorontalo Power Silaholo membenarkan hal tersebut. Ia menjelaskan, pesawat itu terbang dari Bandara Jalaludin Gorontalo menuju makassar pukul 06.10 Wita. 27 menit setelahnya yaitu pukul 06.37 Wita, pesawat mengalami kerusakan dan harus Return To Base (RTB). Pukul 07.01 pesawat mendarat kembali di Bandara Jalaludin Gorontalo.

BACA JUGA : 5 Fakta Penting Jatuhnya Pesawat Lion Air JT-610

“Jadi pesawat yang biasanya bermalam di Gorontalo, jam 06.00 Wita take off. Setengah jam kemudian RTB Return To Base, jadi kembali lagi ke Gorontalo karena ada teknis kerusakan pesawat, akhirnya kembali lagi ke Gorontalo” kata Power.

Power menjelaskan, penyebab pesawat tersebut harus RTB karena Instrumental Light tidak menyala. Pesawat tersebut mengangkut penumpang 167 dewasa dan 3 bayi. Penumpang ada yang sudah beralih ke pesawat garuda, citilink dan lion air penerbangan siang.

BACA JUGA : Perekam Data Penerbangan Pesawat Lion Air JT 610 Ditemukan

Power menjelaskan, terkait dengan insiden tersebut, maskapai sudah melaksanakan kewajiban dengan memberikan kompensasi berupa kudapan, makanan serta uang Rp 300.000 sesuai managemen delay. (rds)

Penulis : Fry