Jadi ASN Bukan Pilihan Satu-Satunya Untuk Wisudawan

60DTK – GORONTALO – Menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN0 bukanlah satu-satunya pilihan ketika sudah meraih gelar sarjana. Dengan modal pendidikan yang diperoleh melalui perkuliahan, banyak peluang usaha yang bisa dikembangkan dengan memanfaatkan potensi alam yang ada di sekitar kita.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim saat menghadiri wisuda sarjana S1 angkatan XXII Unisan Gorontalo di Gedung Graha Azizah, Kota Gorontalo, Senin (30/12/2019).

“Para wisudawan jangan berpikir untuk menjadi Aparatur Sipil Negara. Dengan modal pendidikan yang diperoleh melalui perkuliahan, banyak peluang usaha yang bisa dikembangkan dengan memanfaatkan potensi alam yang ada di sekitar kita,” kata Idris.

BACA JUGA : Wagub Ajak Masyarakat Ikut Perangi Kemiskinan Di Gorontalo

Idris memotivasi para wisudawan dengan mengungkapkan keberhasilan yang diraih oleh salah satu Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Desa Dumati Kabupaten Gorontalo yang berhasil mengolah jagung menjadi produk bernilai ekonomi tinggi dengan omzet ratusan juta rupiah perbulan. Menurutnya keberhasilan UKM Pia Jagung tersebut bisa menjadi contoh bahwa dengan membuka peluang usaha yang dilakukan dengan sungguh-sungguh melalui kerja keras dan kerja cerdas, kesuksesan pasti bisa diraih.

“UKM Pia Jagung itu memiliki omzet Rp120 juta perbulan dan mempekerjakan sembilan orang tenaga kerja. Bandingkan jika menjadi ASN yang kalau sarjana yang golongannya IIIa dengan pangkat Penata Muda, gajinya perbulan hanya dua juta lebih. Ini harus bisa memotivasi para wisudawan,” ujar Wagub.

Lebih lanjut Wagub Idris Rahim mengingatkan agar para wisudawan untuk tidak pernah berhenti belajar. Dikatakannya, untuk memenangkan kompetisi di era persaingan saat ini dituntut untuk terus belajar mengembangkan kemampuan diri sehingga bisa menjadi sumber daya manusia yang berkualitas dan profesional yang mampu membawa perubahan yang lebih baik bagi diri sendiri dan masyarakat.

BACA JUGA : Pemprov Terus Dukung Peningkatan Sarana Prasaran Pendidikan Gorontalo

Pada kesempatan itu sebanyak 290 lulusan Unisan Gorontalo mengikuti prosesi wisuda sarjana S1. Wisudawan terdiri dari lulusan Fakultas Ilmu Komputer, Pertanian, Ekonomi, Sosial Politik, Hukum, Teknik Kelistrikan, serta Arsitektur. (adv)

Sumber : Humas Gorontalo Prov