Kementerian ATR/BPN Bagikan 9.205 Sertifikat Tanah di Gorontalo

  • Whatsapp
Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie bersama sejumlah unsur Forkopimda Provinsi Gorontalo, saat menyaksikan secara virtual penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat, di Aula Kantor BPN Provinsi Gorontalo, Jumat (10/07/2020). (Foto - Salman, Humas)

60DTK, Kota Gorontalo – Sebanyak 9.205 sertifikat tanah dibagikan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), di seluruh daerah se-Provinsi Gorontalo, Jumat (10/07/2020).

Dari total sertifikat yang ada, Kabupaten Gorontalo mendapatkan jatah 2.010 sertifikat, Kabupaten Gorontalo Utara 1.549 sertifikat, Kota Gorontalo 10 sertifikat, Kabupaten Pohuwato 2.548 sertifikat, Kabupaten Boalemo 1.680 sertifikat, dan Kabupaten Bone Bolango 1.373 sertifikat.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Jelang Pilkada 2020, Idris Imbau Warga Jaga Keamanan Dan Ketertiban

Penyerahan sertifikat kepada masyarakat dilakukan secara simbolis oleh masing-masing kepala daerah, baik bupati dan walikota, dan disaksikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN, Himawan Arief Sugoto, secara virtual.

Dalam sambutannya, Arif mengatakan bahwa program pemerintah pusat terkait sertifikat tanah ini merupakan salah satu program unggulan. Pasalnya, sertifikat ini tidak hanya bisa memberikan legalitas atas kepemilikan tanah, namun juga menstimulus ekonomi.

Baca juga: 750 KPM Di Kabila Bone Terima Bantuan Pangan Pokok Bersubsidi

“Dengan sertifikat, maka seluruh bidang tanah akan terdaftar, dan sertifikat tersebut akan memberikan kepastian hukum bagi pemiliknya. Sertifikat ini juga bisa dipakai untuk menstimulus ekonomi khususnya pada penerima ataupun pemilik sertifikat dalam kebutuhannya terhadap modal kerja, membuka usaha, dan meningkatkan usahanya,” kata Himawan.

Himawan berharap, sertifikat tanah yang telah diserahkan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Ia berpesan supaya masyarakat tidak hanya sekadar menjaga surat legalitas itu, tapi juga menjaga tanah yang dimiliki.

Baca juga: 30 Kasus Baru Corona Di Gorontalo

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie menyampaikan bahwa pembagian sertifikat dari pemerintah pusat ini akan sangat membantu masyarakat, terlebih mereka yang kurang mampu.

“Kita sangat berterima kasih dan bersyukur dengan program Bapak Presiden yang berjalan terus. Program PTSL ini sangat menyentuh dan membantu masyarakat terutama yang kurang mampu,” ujar Rusli. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait