Keutamaan Puasa Syawal yang Perlu Diketahui

60DTK, Gaya Hidup – Puasa Syawal merupakan puasa Sunnah yang dilaksanakan selama enam hari pada Bulan Syawal atau umumnya setelah Idul Fitri yakni tanggal 2 sampai 7 Syawal. Meski begitu puasa ini tidak selamanya dikerjakan secara berurutan dan tetap mendapat keutamaan.

Lantas, apa saja keutamaan yang didapat jika Puasa Syawal ini ditunaikan? Simak ulasannya:

1. Pahala Seperti Setahun

Meskipun puasa ini dilaksanakan hanya enam hari, Allah SWT akan memberikan ganjaran pahala seperti berpuasa selama setahun. Rasulullah SAW bersabda:

expo

“Barang siapa yang telah melaksanakan puasa Ramadan, kemudian dia mengikutkannya dengan berpuasa selama enam hari pada Bulan Syawal, maka dia (mendapatkan pahala) sebagaimana orang yang berpuasa selama satu tahun” (HR. Muslim).

2. Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Puasa Syawal bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperoleh tempat mulia di sisi-NYA. Sementara itu bau mulut lebih harum dibandingkan dengan parfum kasturi. Sebagaimana ditegaskan dalam sebuah hadis Qudsi berikut:

“Setiap amal manusia adalah untuk dirinya kecuali puasa, ia (puasa) adalah untuk-Ku dan Aku memberi ganjaran dengan (amalan puasa itu)”. Kemudian Rasulullah melanjutkan “Demi Allah yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah dibandingkan wangi minyak kasturi.

3. Pahala Berlipat Ganda

Pahala bagi setiap orang yang mengerjakan Puasa Syawal akan dilipatgandakan oleh Allah SWT, sebagaimana tercantum dalam hadis ini:

“Barang siapa berpuasa selama enam hari setelah Hari Raya Idul Fitri, maka dia seperti berpuasa setahun penuh. (Barang siapa berbuat satu kebaikan, maka baginya sepuluh kebaikan semisal)”. (HR. Muslim).

4. Kekebalan Tubuh Meningkat

Selain mendapat ganjaran pahala dari Allah SWT, dengan melaksanakan puasa termasuk Puasa Syawal akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Seseorang setiap menahan lapar selama berpuasa mampu memicu sel-sel induk dalam tubuh memproduksi sel darah putih untuk menghindari diri dari infeksi.

Studi penelitian Universitas Southern California mengungkap puasa bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga mampu melindungi tubuh manusia dari berbagai bakteri. (rds)

Sumber: merdeka.com

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles