Khawatir Rumah Warga diseret Air Sungai Bulango, DPRD Kota: Harus ada Penanganan Cepat

  • Whatsapp
Khawatir Rumah Warga diseret Air Sungai Bulango, DPRD Kota Harus ada Penanganan Cepat
Ketua Komisi C DPRD Kota Gorontalo, Irwan Hunawa (topi kuning) saat meninjau kondisi bantaran dan volume air Sungan Bulango, Selasa (18/10/2022). Foto: Istimewa.

60DTK, Kota GorontaloDPRD Kota Gorontalo khawatir dengan rumah warga di sejumlah titik lintasan Sungai Bulango akan terseret luapan air.

Akhir-akhir ini, wilayah Kota Gorontalo selalu hujan yang membuat volume air sungai bertambah dan terus mengikis bantaran sungai.

Bacaan Lainnya

Berkaitan dengan hal ini, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Gorontalo mendesak pemerintah dan BWS segera mengantisipasi dalam waktu dekat ini.

Ketua Komisi C DPRD Kota Gorontalo Irwan Hunawa mengatakan, ada beberapa rumah yang sudah tergerus dan nyaris roboh.

“Ini butuh penanganan cepat, harus tahun ini,” jelas Irwan Hunawa usai meninjau sejumlah titik lintasan Sungai Bulango, Selasa (18/10/2022).

Irwan menambahkan, pihaknya memberi usulan untuk sementara waktu pemerintah dan Balai Wilayan Sungai (BWS) membuat turap. Ia menilai hal ini bisa memberi kenyamanan bagi warga saat hujan deras turun.

“Untuk jangka pendek ini, kita buat terpisah-pisah dulu. Mana rumah-rumah yang berbahaya, itu yang kita amankan dulu,” pinta Irwan Hunawa.

Menurut Irwan, langkah ini secepatnya untuk dilakukan sehingga tidak terjadi hal-hal buruk. Ia meminta pemerintah dalam waktu dekat ini, segera menyurat ke BWS untuk mendapat intervensi cepat.

“Jangan menunggu ada korban dulu. Pemerintah harus segera menyurat ke BWS untuk mendapat intervensi cepat. Saya khawatir jangan sampai ada korban dulu baru kita melakukan penanganan,” imbuh Irwan Hunawa. (adv)

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait