KKN Bakti Negeri UNIPMA Ubah Jalan Lingkungan Menjadi Kampung Hijau

60DTK, Madiun: Mahasiswa dari Universitas PGRI Madiun (Unipma) berhasil mengubah jalan lingkungan menjadi menjadi kampung hijau dan asri, saat melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Kebonagung, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, Minggu (24/01/2021).

Kelompok mahasiswa dari berbagai jurusan tersebut memanfaatkan tanah pekarangan warga dan jalan lingkungan di Dusun Gonalan RT 10, untuk ditanami berbagai macam tanaman seperti tanaman obat keluarga (toga), sayuran, buah, serta tanaman pohon.

Mahasiswa/mahasiswi Unipma bersama warga saat menanam tanaman di lingkungan RT 10, Desa Kebonagung. (Foto: Istimewa)

Menurut Ketua KKN, Arindra Bagus Sucipto, program kerja (proker) tersebut bertujuan untuk membuat udara semakin bersih, sejuk, serta bisa bermanfaat bagi warga.

expo

Baca juga: Pemkab Madiun Keluarkan Instruksi Pembatasan Kegiatan Masyarakat

“Program kerja kita memang untuk menjadikan lingkungan yang asri. Selain itu, tanaman yang kita tanam akan bermanfaat untuk warga sekitar, karena kita menanam banyak jenis tanaman obat dan sayuran di lingkungan tersebut,” ujar Arindra.

Selain melakukan penanaman berbagai jenis tanaman, para peserta KKN ini juga memberikan rak tanaman dan tong sampah untuk warga. Terlepas dari itu, mereka juga terus memberi edukasi kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi yang masih berlangsung.

Atas giat tersebut, Ketua RT 10, Sumardianto memyampaikan terima kasih kepada para mahasiswa yang telah peduli dengan lingkungan yang ada di desanya. Ia mengaku, dengan adanya KKN dari Unipma, lingkungan yang ada di RT 10 menjadi bersih, rapi, dan asri.

Baca juga: Waspada Pohon Tumbang, Kejadian Naas Menimpa Anggota Satpol-PP Kabupaten Madiun

“Semoga peninggalan adik-adik KKN bisa bermanfaat bagi Desa Kebonagung, terkhusus bagi warga RT 10. Kami sadar dengan adanya tanaman seperti sayur dan buah ini, warga bisa menambah penghasilan dari peninggalan adik-adik KKN, jika tanaman yang ditanam sudah dapat dipanen kelak,” tutup Sumardianto.

 

Pewarta: Puguh Setiawan

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles