KPU Pohuwato Targetkan Tahapan Coklit Rampung Sebelum 7 Agustus

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih yang di lakukan oleh PPDP Kabupaten Pohuwato di targetkan rampung sebelum tanggal 7 Agustus 2020.

Ada dua hal yang menjadi alasan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di daerah setempat ingin mempercepat tahapan coklit yang pada dasarnya berakhir pada 13 Agustus tersebut.

Baca Juga: KPU Pohuwato Optimis Tahapan Coklit Selesai Tepat Waktu

Selain akan mengikuti rapat koordinasi lanjutan terkait penyusunan daftar pemilih dalam waktu dekat, KPU Pohuwato juga ingin Panitia Pemungutan Suara (PPS) fokus melakukan verifikasi faktual terhadap tiga calon Bupati dan Wakil Bupati dari jalur perseorang yang di mulai tanggal 8 Agustus.

“Kita menargetkan sebelum tanggal 7 tahapan coklit sudah 100 persen. Ada dua alasan kenapa kita ingin ini cepat selesai. Pertama, kami akan mengikuti rapat koordinasi, kemudian kita ingin PPS fokus melakukan Verfak,” kata Komisioner KPU Pohuwato Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Firman Ikhwan, Selasa (04/08/2020).

Baca Juga: KPU Pohuwato Terima Perbaikan Dukungan Tiga Bapaslon Jalur Perseorangan

Terlepas dari target itu, Firman juga mengatakan bahwa tahapan coklit di Kabupaten Pohuwato sudah hampir selesai. Sampai saat ini, kata Firman, progressnya sudah 98,8 %.

“Hanya tinggal 4 kecamatan yang belum selesai, itu pun hanya beberapa saja PPDP yang belum selesai melakukan coklit. Kendalanya, mereka sulit menemui sejumlah warga yang akan di coklit,” tutupnya.

 

 

Pewarta: Andrianto Sanga