Mapala Alaska Gelar Lomba Orienteering Nasional, Ini Harapan Untuk Gorontalo

60DTK, Gorontalo – Lomba orienteering akan hadir kembali di Gorontalo, yang dikemas dalam kegiatan Sprint Celebes 1942 Jilid V Nasional oleh Mapala Alaska Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo (MPA Alaska FT-UNG).

Selain sebagai kegiatan yang memang rutin mereka laksanakan, lomba yang akan digelar ada tanggal 9 hingga 12 September mendatang ini juga sekaligus untuk memperingati Hari Olahraga Nasional yang jatuh pada tanggal 9 September.

Anggota Mapala Alaska saat menggelar rapat persiapan Sprint Celebes 1942 Jilid V, Kamis (5/08/2021). (Foto: Istimewa)

Ketua Umum MPA Alaska FT-UNG, Irfan Maulana mengungkapkan, kegiatan orienteering seperti ini sangat dibutuhkan untuk turut mengenalkan potensi wisata yang ada di Provinsi Gorontalo, sehingga bisa semakin berkembang.

expo

“Gorontalo merupakan daerah yang memiliki kekayaan alam yang melimpah, terkhusus potensi wisata alam. Namun, sangat disayangkan hal itu masih kurang diketahui oleh masyarakat Indonesia secara umum,” ujar Irfan.

Peserta Sprint Celebes 1942 Jilid II tahun 2016 silam. (Foto: Istimewa)

“Karena itu, melalui kegiatan ini, kami berharap potensi wisata alam di Gorontalo dapat berkembang dan lebih dikenali oleh masyarakat luas serta mendapatkan pengelolaan yang tepat,” imbuhnya.

Berkaitan dengan pandemi saat ini, Irfan pun membeberkan bahwa pihaknya akan memastikan pelaksanaan lomba nanti tetap akan sesuai dengan protokol kesehatan. Untuk itu, Ia berharap kegiatan dengan iktikad baik ini bisa mendapat dukungan dari semua kalangan, khususnya dari birokrasi kampus dan pemerintah daerah.

“Kami sangat berharap agar kegiatan ini bisa mendapatkan dukungan dan perhatian lebih dari seluruh kalangan, terkhusus birokrasi kampus dan pemerintah daerah, sebab lomba orienteering ini sangat bermanfaat dalam melatih kemampuan bernavigasi yang tentunya akan dibutuhkan oleh siapa pun dalam kehidupan sehari-hari,” jelas pria berpostur tinggi itu.

Terkait peserta, Ketua Panitia Sprint Selebes 1942 Jilid V Nasional, Zul Ilham membeberkan, sejauh ini sudah banyak pegiat lomba orienteering dari seluruh Indonesia yang mendaftarkan diri, mulai dari Banten, Sulawesi Tenggara, DKI Jakarta, hingga Lampung.

Peserta Sprint Celebes 1942 Jilid IV tahun 2019 silam. (Foto: Istimewa)

“Kegiatan Sprint Selebes 1942 Jilid V Nasional ini sangat disambut baik oleh masyarakat Indonesia, terbukti saat ini sudah terdapat beberapa pendaftar dari berbagai provinsi di Indonesia seperti Banten, Sulawesi tenggara, DKI Jakarta, Lampung, dan berbagai daerah lainnya,” ujar Zul.

Ia pun berharap kegiatan ini bisa berlangsung dengan baik dan sukses, dan akan memberi dampak yang baik untuk Provinsi Gorontalo.

“Kami berharap kegiatan ini dapat berlangsung dengan meriah dan akan terlaksana dengan sukses walaupun di tengah pandemi covid-19. Sebab dari kami selaku panitia pun tetap akan dengan tegas menerapkan protokol kesehatan selama proses pelaksanaan kegiatan ini,” tutupnya.

Diketahui, kegiatan yang bertajuk “Semarak Orienteering Dalam Memperingati Hari Olahraga Nasional” ini juga akan dirangkaikan dengan seminar nasional dengan tema “Peran Informasi Geospsial Dalam Pengembangan Potensi Sport Tourism di Indonesia”.

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles