Menpora RI Disambut Adat Mopotilolo

60DTK – Kab. Gorontalo : Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali bersama istri dan rombongan, disambut dengan adat Mopotilolo di rumah jabatan Bupati Gorontalo, Rabu (22/01/2020).

Mopotilolo merupakan upacara adat Gorontalo untuk menyambut pejabat negara yang baru pertama kalinya menginjakkan kaki di bumi Serambi Madinah. Meski lahir di Gorontalo, namun ini merupakan kunjungan perdana Zainudin Amali ke kampung halamannya setelah dilantik menjadi Menpora RI pada Kabinet Indonesia Maju oleh Presiden Joko Widodo.

Prosesi Mopotilolo diawali dengan penyambutan di halaman rumah jabatan Bupati dengan atraksi Langga yang merupakan seni bela diri tradisional Gorontalo. Setibanya di dalam rumah jabatan Bupati, Menpora disuguhkan sirih dan penganan di atas nampan yang merupakan simbol adat yang mengandung empat unsur alam, yaitu tanah, air, api, dan udara. Prosesi diakhiri dengan doa dan mengabi atau pernyataan dari tokoh adat bahwa kedatangan Menpora telah mendapat restu dari seluruh masyarakat dan alam Gorontalo.

Lahir di Gorontalo pada 16 September 1962, Zainudin Amali menjadi anggota DPR RI dari Partai Golongan Karya sebanyak empat kali. Pada periode 2004 – 2009 dirinya terpilih untuk mewakili Provinsi Gorontalo, serta tiga kali mewakili Provinsi Jawa Timur yaitu pada periode 2009 – 2014, 2014 – 2019, dan terpilih kembali untuk periode 2019 – 2024 yang kemudian mendapat kepercayaan dari Presiden Jokowi untuk menjadi Menpora.

“Bapak Zainudin Amali ini merupakan salah satu putra terbaik Gorontalo. Sebagai putra Gorontalo yang mendapat amanah dari bapak Presiden Jokowi untuk menjadi Menpora, mari kita dukung dan doakan bersama agar semua tugas-tugas yang diemban oleh beliau bisa berjalan lancar dan sukses,” kata Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim pada syukuran kedatangan Menpora Zainudin Amali usai prosesi Mopotilolo.

Dalam kunjungan ke Provinsi Gorontalo, Menpora dijadwalkan akan menghadiri sejumlah kegiatan, di antaranya memberikan ceramah umum di Universitas Negeri Gorontalo, silaturahmi dengan jajaran KAHMI Gorontalo, serta menjadi pembina upacara pada peringatan Hari Patriotik 23 Januari tingkat Kabupaten Gorontalo yang akan dilaksanakan di Stadion 23 Januari, Telaga. (adv)

Sumber : Humas Provinsi Gorontalo

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles