Nelson Bertekad Buka Madrasah Aliyah Kejuruan di Ulobua

  • Whatsapp
Bupati Nelson Pomalingo bersama Sekda Hadijah U. Tayeb (kedua dari kanan) dan Ketua PGRI Kabgor Fory Naway (ketiga dari kanan) berfoto bersama dengan masyarakat di Desa Ulobua, Minggu (13/10). Foto: Humas/Pemkab Gorontalo

60DTK-Kab. Gorontalo: Bupati Nelson Pomalingo betekad membuka kelas jauh Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), di Desa Ulobua, Kecamatan Tibawa. Pasalnya menurut Nelson, tidak sedikit anak-anak lulusan SMP di wilayah tersebut yang kesulitan untuk melanjutkan pendidikan kejenjang menengah atas.

BACA JUGA: Fory Naway Minta PKK Kecamatan Bisa Berinovasi

Bacaan Lainnya

“Kita akan buka kelas jauh untuk masyarakat disini, dan itu dikerjasamakan dengan Taman Cendekia,” ungkap Nelson selaku pembina yayasan Taman Cendekia.

Sejalan dengan hal tersebut, Ketua Yayasan Taman Cendekia Fory Armin Naway mengatakan, Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) Taman Cendekia merupakan perpaduan antara Madrasah Aliyah dan SMK. Sejauh ini kata Fory, yayasan Taman Cendekia telah memiliki empat bidang keahlian yakni pertanian, perikanan, peternakan dan pariwisata.

BACA JUGA: Fory: Program Bunda PAUD Sudah Berjalan Terintegrasi

Meskipun demikian, khusus untuk Desa Olabua akan dibuka jurusan Pertanian. “Yang akan dibuka di Desa Ulobua adalah jurusan pertanian,” kata Fory.

Untuk bidang pertanian lanjut Fory, ada sembilan kompetensi keahlian yang diajarkan seperti Agrobisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura, Agribisnis Tanaman Perkebunan, Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian, Pertanaman, Agribisnis Perikanan Air Tawar, Agribisnis Perikanan Air Laut dan Payau, Agribibisnis Ternak Unggas, Agribisnis Ternak Ruminansia dan Usaha Perjalanan Wisata.

Fory berharap, dengan adanya madrasah itu, tentunya akan menjadi solusi yang baik untuk masyarakat yang ada di Desa Ulobua dalam memulai keahlian berdasarkan bidang-bidang di atas.

BACA JUGA: Fory Naway Akan Libatkan Sejumlah Organisasi Wanita Pada FPDL 2019

“Semoga ini dapat menjawab kebutuhan masyarakat Kabupaten Gorontalo Khususnya masyarakat desa Ulobua pada sektor pendidikan. Intinya, kita dekatkan pendidikan kepada warga”, harap Fory. (adv)


Penulis: Andrianto Sanga
Editor: Kasim Amir

Pos terkait