Operasi Patuh 2019 Selesai Hari Ini, Pengendara Diminta Tetap Patuhi Peraturan

60DTK – GORONTALO – Sesuai jadwal, operasi patuh yang telah digelar serentak di seluruh wilayah Indonesia sejak bulan Oktober 2019 kemarin, akan berakhir hari ini, Rabu (11/09/2019).

Kasatlantas Kepolisian Resort (Polres) Gorontalo Kota, Ryan Dodo Hutagalung menyampaikan, Operasi Patuh yang dilakukan tahun ini cukup memberikan efek jera bagi para pengendara.

“Kalau sebelumnya banyak yang tidak mematuhi aturan berlalu lintas, terutama terkait penggunaan helmet SNI, setelah diadakan Operasi Patuh sejak Oktober itu para pengendara mulai sadar untuk terus menggunakan helmet,” tuturnya.

Baca : Operasi Patuh Hari Kelima, KBO Lantas Gorontalo : Tidak Ada Toleransi

Ia pun mengaku bahwa selama ini memang masih banyak sekali pelanggar lalu lintas yang didapati oleh pihak kepolisian, namun hal ini mulai berkurang setelah cukup lama digenjot dengan Operasi Patuh.

“Kalau pelanggar itu banyak, tapi tak berapa lama setelah mulai diadakan Operasi Patuh, para pengguna kendaraan ini terlihat mulai mematuhi aturan,” lanjut Ryan.

Baca : Kurangi Jumlah Pelanggaran Lalu Lintas, Ini Yang Dilakukan Unit Satlantas Gorontalo Kota

Menurutnya, hal ini tidak lepas dari tindakan tegas yang selalu dilakukan pihak kepolisian dalam melaksanakan Operasi Patuh.

“Kami tidak semata – mata hanya memberi hukuman, tapi kami juga memberikan pencerahan kepada para pelanggar terkait bahaya melanggar peraturan berlalu lintas. Dengan begitu, kami berharap setiap pengendara dapat terus mematuhi aturan, setidaknya demi menjaga keselamatannya sendiri,” tukasnya.

 

 

Pewarta : Moh. Effendi

Editor : Nikhen Mokoginta

Comments are closed.