Pembangunan Bandara Pohuwato ditargetkan Rampung Tahun 2023

  • Whatsapp
Pembangunan Bandara Pohuwato ditargetkan Rampung Tahun 2023
Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer menyimak penjelasan Kepada Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo terkait dengan pekerjaan Bandara Pohuwato di Desa Imbodu, Kecamatan Randangan, Pohuwato. Foto: Haris.

60DTK, Gorontalo – Pembangunan Bandar Udara Pohuwato di Desa Imbodu, Kecamatan Randangan di targetkan rampung pada tahun 2023.

Progres pembangunan proyek strategis nasional ini di tinjau langsung oleh Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer, Kamis (13/10/2022).

Bacaan Lainnya

Saat ini, pembangunan bandara ini baru pada tahap persiapan infrastruktur sisi darat dan udara. Persiapan ini berupa penimbunan dan pengerasan lokasi. Anggaran sebesar Rp100 miliar di minta habis hingga akhir tahun ini.

“Bandara ini harus kita kontrol terus, karena mendapat atensi langsung dari bapak presiden di minta harus selesai Desember 2023. Penjelasan dari Kepala Bandara tadi, ini bisa kita kebut hingga 18 bulan ke depan. Progresnya sekarang sekitar 20 persen,” ungkap Hamka.

Awal tahun depan nanti, pembangunan bandara ini akan fokus pada konstruksi fisik dengan alokasi anggaran sekitar Rp269 miliar. Dana itu untuk pembangunan runway 1200 x 30 meter, runway strip 1400 x 150 meter.

Ada juga pembangunan apron, terminal, parkir sisi darat, taxiway, listrik dan beberapa fasilitas lainnya.

Hamka mengatakan, untuk pemerintah provinsi nantinya akan ada bagian untuk membangun akses jalan masuk bandara sepanjang 4,7 kilometer.

“Bagian dari provinsi, pembangunan akses masuk sekitar 4,7 kilometer. Pekerjaan bandara ini sambil jalan provinsi buat jalan yang 4,7 kilometer itu,” jelas Hamka.

Hamka menilai, pembangunan bandara Pohuwato ini sangat strategis untuk daerah. Selain memangkas waktu tempuh dari Kota Gorontalo ke Pohuwato yang kurang dari satu jam, bandara ini diharapkan bisa mempercepat perputara ekonomi daerah. (ksm/rls)

Pos terkait