Pemda Gorut Fokuskan Dana PEN Untuk Kesehatan dan Infrastruktur

  • Whatsapp
Rapat pembahasan terkait pemanfaatan dana PEN milik Pemerintah Daerah Gorontalo Utara yang berlangsung di Aula Tinepo, Rabu (2/03/2022). (Foto: Fajar Pojok6. id)

60DTK, Gorontalo Utara – Pemerintah Daerah Gorontalo Utara kali ini akan memanfaatkan dana pemulihan ekonomi nasional (PEN) untuk bidang kesehatan sekaligus infrastruktur yang ada.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, kemajuan di sektor kesehatan serta infrastruktur tersebut mampu meningkatkan pemulihan ekonomi secara cepat.

Bacaan Lainnya

Oleh karena itu, untuk mempercepat realisasi anggarannya, kata Thariq, pemerintah daerah segera melakukan proses evaluasi dan penginputan setiap program-program yang akan dikerjakan.

“Dan tentu proses penginputannya harus dilakukan dengan hati-hati sesuai dengan pedoman yang sudah ditetapkan. Jangan hanya karena ingin cepat lalu ada tahapan yang dilewati dan syarat yang tidak dipenuhi,” jelas Thariq, Rabu (2/03/2022).

Thariq pun mengatakan, untuk mempermudah proses pemanfaatan dana PEN tersebut, pihaknya akan mendukungnya lewat peraturan daerah (perda) dan peraturan bupati (perbup).

“Ini adalah upaya kami untuk memberikan landasan bagi pelaksanaan pembangunan tahun jamak atau yang melampaui satu tahun,” tegasnya.

Sebagai informasi, dana PEN yang dimiliki Pemerintah Daerah Gorontalo Utara itu mencapai Rp129 miliar, dari usulan sebesar Rp200 miliar dan yang sudah masuk ke kas daerah sebanyak Rp48 miliar atau tahap 1 dengan rincian 25 persen. (adv)

 

Pewarta: Usman Dai

Pos terkait