Pemprov Akan Rubah TPA Talumelito Jadi Agrowisata Dan Arena Offroad

60DTK – GORONTALO – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Gorontalo, akan menjadikan Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Tempat Pembuang Akhir (TPA) Talumelito sebagai tempat wisata dan arena olah raga otomotif.

“TPA Talumelito menjadi lokasi pengelolaan sampah dari Kota Gorontalo maupun Kabupaten, indentik dengan berbau busuk. UPT TPA Talumelito berusaha untuk menjadikan tempat ini sebagai lokasi agrowisata yang keren, juga tempat edukasi dan bahkan jika disetujui sebagian lahan TPA ini akan dijadikan tempat arena offroad dan motor cross,” kata Kepala UPT TPA Talumelito, M Agus Dama di TPA Talumelito, Kamis (18/7/2019).

Untuk mewujudkan hal itu, UPT Talmelito telah memproduksi sendiri cairan antibau busuk, yang ramah lingkungan dan telah di ujicobakan pada mobil-mobil pengangkut sampah dan akan digunakan pada lahan pembuangan sampah.

BACA JUGA : Dijuluki Bapak Pembangunan, Ini Sederet Prestasi Rusli Habibie

“Untuk menghilangkan bau busuk kami telah membuat cairan antibau dari campuran tetes tebu, air kelapa, gula batu dan MA-11 dan kami mencobanya pada mobil pengangkut sampah, Alhamdulillah berhasil,” ujar Agus Dama.

Percobaan produksi cairan antibau busuk ini akan diperbesar untuk digunakan pada kawasan TPA Talumelito yang luas.

Selain cairan antibau yang diproduksi, pengelola TPA ini juga memproduksi pupuk kompos dan gas metan yang merupakan hasil olahan sampah atau limbah yang berada dilokasi tersebut.

TPA Talumelito ini berada di Desa Talumelito Kabupaten Gorontalo yang melayani pengelolaan sampah kabupaten dan kota.

BACA JUGA : Gorontalo Darurat LGBT, AIDS Dan Narkoba

Ia berharap, TPA Talumelito bisa menjadi tempat referensi obyek wisata, edukasi dan arena otomotif. Luas lahan TPA Talumelito sekitar 25 hektar yang layak digunakan untuk olahraga otomotif, pungkasnya. (adv)

Sumber : Humas Gorontalo Prov 

Comments are closed.