Pemprov Gorontalo Terima Ribuan Paket Tes PCR Covid-19 Dari Pemerintah Pusat

60DTK, Gorontalo – Pihak Pemprov Gorontalo menyampaikan rasa syukurnya melalui surat kepada Pemerintah Pusat, atas bantuan paket alat PCR untuk mendukung penanganan Covid-19 di Gorontalo. Surat itu ditandatangani langsung oleh Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, tertanggal 21 Juni 2020.

Sebelumnya pada Sabtu, 20 Juni 2020 kemarin, Pemrov Gorontalo menerima bantuan dari Pemerintah Pusat sebanyak 9.600 paket alat PCR swab, yang terdiri dari PCR, Viral Transport Medium (VTM), RNA, dan tube yang masing-masing 9.600 buah, serta cotton swab sebanyak 9.000 buah. Selain itu, pada Kamis sebelumnya, Pemprov Gorontalo juga menerima bantuan PCR dan VTM masing-masing 10.000 buah.

Untuk itu, Rusli Habibie mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan kepada Idah Syahidah selaku Anggota Komisi VIII DPR RI, yang peduli kepada Provinsi Gorontalo.

Baca juga: Pasien Positif Covid-19 Di Gorontalo Bertambah 4 Orang, Total 231

expo

“Ini bentuk kepedulian dan perhatian Pemerintah Pusat kepada kita di daerah. Oleh karena itu, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan RI, BNPB, dan kepada Ibu Idah Syahidah selaku anggota Komisi VIII DPR RI,” ucap Rusli, Senin (22/06/2020).

Menurut Rusli, peran Idah Syahidah sebagai Wakil Rakyat dapil Gorontalo yang memiliki relasi baik dengan pejabat di Pemerintah Pusat, sangat penting dalam hal penanganan kebencanaan sosial dan keagamaan. Sehingga pengadaan alat dan bahan penunjang penanganan Covid-19 itu bisa berjalan dengan baik.

“Penting bagi kita di daerah untuk memiliki komunikasi dan hubungan yang baik dengan pusat, sehingga setiap urusan berjalan mudah dan cepat. Ibu Idah punya banyak relasi dengan para pejabat di Kementerian yang dulu satu almamater di STKS Bandung,” imbuh Rusli.

Baca juga: 5 Pasien Covid-19 Di Gorontalo Sembuh

Diketahui, paket alat PCR swab bantuan dari Pemerintah Pusat itu disalurkan ke BPOM, sebagai salah satu laboratorium yang diakui untuk uji swab pasien Covid-19. Khusus untuk Viral Transport Medium (VTM) dan cotton swab, akan didistribusikan ke kabupaten dan kota untuk digunakan saat mengambil spesimen dari pasien Covid-19. (adv)

 

Pewarta: Hendra Setiawan

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles