Penerapan New Normal, 340 Ribu TNI-Polri Diterjunkan

60DTK, Nasional – Dalam rangka penerapan new normal atau penyesuaian aktivitas warga di tengah-tengah wabah virus corona saat ini, unsur TNI-Polri menerjunkan 340 ribu personil.

Jumlah tersebut nantinya, akan ditempatkan 1.800 titik di empat provinsi danĀ  25 kabupaten/kota yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Obyeknya adalah tempat-tempat lalu lintas masyarakat, kemudian mall-mall, pasar-pasar rakyat, kemudian tempat-tempat pariwisata,” kata Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dikutip dari VIVAnews Selasa (26/05/2020).

“Dari data yang ada, di empat provinsi dan 25 kabupaten/kota, ada 1.800 obyek yang akan kita laksanakan pendispilan tersebut,” lanjut Hadi saat berada di Stasiun MRT Bundaran HI Jakarta.

Para personil itu di antaranya akan melakukan pendisiplinan protokol kesehatan seperti pemakaian masker dan juga jaga jarak antarorang. Selain itu, penyediaan hand sanitizer umum juga diperbanyak.

“Dalam tahap pertama ini, kita laksanakan secara serentak di empat tempat yaitu DKI Jakarta khususnya di Bundaran HI, kemudian di wilayah Bekasi. Berikutnya adalah Provinsi Jawa Barat, Sumatera Barat dan Gorontalo,” tutur Hadi.

Bekerjasama dengan pemerintah daerah lajut Hadi, TNI-Polri akan mengatur operasional tempat-tempat keramaian mulai dari mall sampai restoran. Tidak hanya itu, kapasitas tempat-tempat tersebut akan dikurangi, sehingga potensi penularan corona bisa ditekan.

“Contohnya mall yang kapasitasnya 1.000 mungkin akan kita izinkan untuk 500 saja, dan kita awasi. Termasuk juga rumah makan, harus mungkin 500 kita batasi 200 saja,” tukas Hadi.

Penulis: Kasim Amir

Comments are closed.