Penyadapan Telepon dan Medsos Jelang Minggu Tenang, Info Hoax

60DTK – Hukum : Memasuki minggu tenang Pemilihan Umum 2019, beredar pesan singkat tentang penyadapan semua aktivitas masyarakat. Baik itu melalui telepon, SMS, maupun aktivitas di Media Sosial.

“Perangkat Anda terhubung ke sistem pelayanan. Berhati-hatilah mengirimkan pesan yang tidak perlu. Beritahu anak-anak Anda, Kerabat dan teman tentang berita ini. Jangan teruskan tulisan    atau  video dll, bila Anda   menerima postingan mengenai situasi politik / masalah Pemerintahan sekarang / PM, dll” demikian isi pesan singkat yang beredar luas melalui Medsos.

Pada pesan viral itu, juga tertulis bahwa Menulis atau meneruskan pesan apapun pada setiap perdebatan politik dan agama sekarang merupakan pelanggaran. Penangkapan tanpa surat perintah dapat dilakukan.

BACA JUGA : Pemilu Anti Hoax, Bawaslu Provinsi Gorontalo Gandeng Media Untuk Pemberitaan

Berikut isi pesan Singkat tersebut :

HARAP DI DENGAR BAIK2 INFO PENTING INI :

Mulai besok sudah berlaku Minggu tenang :
.Semua panggilan dicatat.
.Semua rekaman panggilan telepon tersimpan.
.WhatsApp dipantau,
.Twitter dipantau,
.Facebook dipantau,
Semua media sosial dan forum dimonitor,

Informasikan kepada mereka yang tidak tahu.

Perangkat Anda terhubung ke sistem pelayanan.
Berhati-hatilah mengirimkan pesan yang tidak perlu.
Beritahu anak-anak Anda, Kerabat dan teman tentang berita ini.
Jangan teruskan tulisan atau video dll, bila Anda menerima postingan mengenai situasi politik / masalah Pemerintahan sekarang / PM, dll.

Polisi telah mengeluarkan pemberitahuan yang disebut Kejahatan Cargo … dan tindakan akan dilakukan … bila perlu hapus saja postingan yang masuk kalau akan merugikan anda.

Menulis atau meneruskan pesan apapun pada setiap perdebatan politik dan agama sekarang merupakan pelanggaran … Penangkapan tanpa surat perintah.

Informasikan berita ini kepada orang lain agar selalu waspada.
Ini sangat serius, perlu diketahui semua kelompok dan anggota / individu.

Bila anda sebagai Admin Group bisa dalam masalah besar.
Beritahu semua orang tentang ini untuk berhati-hati.
Tolong bagikan; Ini sangat berguna untuk Admin group, mohon berhati-hati …
“Polisi telah mengeluarkan pemberitahuan yang disebut Kejahatan Cargo. Dan tindakan akan dilakukan. Bila perlu hapus saja postingan yang masuk kalau akan merugikan anda”

BACA JUGA : Hindari HOAX, Mulai Hari Ini Jumlah Forward Pesan Di WhatsApp Hanya 5 Kali

Menanggapi pesan singkat tersebut, Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Wahyu Tri Cahyono menegaskan, pesan singkat itu merupakan info Hoax. Ada beberapa ciri yang mengindikasikan kalau pesan tersebut adalah Hoax

“Kalau dilihat dari tulisan yang tidak sebutkan sumber tulisan yang jelas. Bisa dikatakan info ini hoax, ciri yang lain adanya perintah/petunjuk/mengarahkan untuk menyebarkan. Itu juga salah satu ciri info hoax” tegas Wahyu Tri Cahyono ketika dihubungi melalui pesan Whatsapp, Sabtu (13/4/2019).

 

Penulis : Fry

Comments are closed.