Penyaluran Pembiayaan UMI Oleh Pegadaian Resmi Teken Kontrak

  • Whatsapp
Pemkab Bone Bolango bersama PT. Pegadaian (persero) menandatangani perjanjian kerjasama dalam hal penyaluran Pembiayaan Ultra Mikro (UMi), Kamis (25/7/2019). Penandatanganan dilakukan oleh Bupati Bone Bolango Hamim Pou bersama Direktur Sistem Manajemen Direktorat Jendral Perbendaharaan Djoko Hendratto. (Foto: Nova-Humas).

60DTK – BONEBOL – Pemerintah Kabupaten Bone Bolango menandatangani perjanjian kerjasama dengan PT. Pegadaian (persero) dalam hal penyaluran Pembiayaan Ultra Mikro (UMi), Kamis (25/7/2019).

Penandatanganan dilakukan oleh Bupati Bone Bolango Hamim Pou bersama Direktur Sistem Manajemen Direktorat Jendral Perbendaharaan Djoko Hendratto. Sekda Provinsi Gorontalo Darda Daraba turut menyaksikan penandatangan kerjasama yang digelar di kantor bupati Bone Bolango tersebut.

Bacaan Lainnya

Sekda Darda dalam sambutannya mewakili gubernur menyampaikan, apresiasi kepada Pemkab Bone Bolango karena menjadi daerah pertama di Indonesia yang melaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama dalam rangka pembiayaan UMi ini. Ia mengatakan, ini merupakan awal yang luar biasa untuk pertumbuhan ekonomi di Gorontalo.

BACA JUGA : Kepala BI Baru Targetkan Infasi Gorontalo Tetap Terjaga

Sekda juga mengucapka terima kasih kepada Kementerian Keuangan RI telah melahirkan inovasi-inovasi untuk mendorong pertumbuhan Koperasi dan UMKM di daerah.

Menurutnya, peran serta Koprerasi dan UMKM sebagai pilar ekonomi sangat strategis dalam menggerakan roda perekonomian sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat serta memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perluasan lapangan kerja.

Skema pembiayaan UMKM ini sudah lama ada, bisa melalui bank dan sebagainya tetapi yang jadi problem kadang pedagang kecil masih sulit mendapatkan pembiayaan atau modal  untuk mengembangkan usahanya.

BACA JUGA : Dinas PUPR Tinjau Langsung Pamsimas Bonebol

“Saya berharap, setelah di laksanakan penandatangan kerjasama ini bisa membuka akses kepada seluruh masyarakat, apalagi fasilitas program pembiayaan UMi yang mudah dan murah sehingga masyarakat bisa terbantu dan bisa menambah jumlah wirausaha baru,” harapnya.

Untuk diketahui, pembiayaan UMi sendiri diperuntukan bagi pelaku UKM yang membutuhkan dana maksimal sebesar Rp10 juta yang akan dilayani melalui PT. Pengadaian dalam bentuk kredit lunak yang segmennya menjadi alternatif bagi pelaku UMKM yang tidak terakomodir melalui pembiayaan kredit usaha rakyat.

Untuk Provinsi Gorontalo, pembiayaan UMi telah menjangkau 273 debitur dengan total penyaluran lebih dari 1,89 miliar. (adv)

Sumber : Humas Gorontalo Prov 

Pos terkait