Perpustakaan Daerah Upayakan Akreditasi Untuk Perpustakaan di Gorontalo

60DTK – GORONTALO – Perpustakaan Pusat Nasional (Perpusnas) memberikan apresiasi kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo dalam upaya peningkatan mutu perpustakaan.

Hal tersebut disampaikan oleh Suhariyanto pada kunjungannya di Gorontalo dalam rangka verifikasi Dana Alkasi Khusus (DAK) di Kabupaten Gorontalo Utara dan Kabupaten Pohuwato yang didampingi oleh Kepala Bidang Perpustakaan, syahrudin porindo.

BACA JUGA : Pemilihan Nou Dan Uti Selesai, Wagub : Yang Terpilih Harus Promosikan Pariwisata Daerah

“Usulan akreditasi perpustakaan umum, sekolah, desa dan perguruan tinggi sebanyak 39, yang sudah keluar sertifikatnya ada 28 buah, sementara sisanya 10 akan dibahas di tingkat pimpinan pada bulan Januari 2020,” kata Suhariyanto.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo,  Yosep P Koton,  bersyukur atas hasil yang telah dicapai di tahun 2019 ini, Yosep Koton menyampaikan terima kasih kepada Perpusnas yang telah melaksanakan akreditasi perpustakaan di Provinsi Gorontalo.

BACA JUGA : Setelah Melewati Beberapa Tahap, 12 Pasang Nou Dan Uti Masuki Malam Grand Final

Meskipun demikian, Yosep Koton juga menyampaikan masih terdapat 2420 perpustakaan yang belum terakreditasi dan akan diupayakan untuk diakreditasi pada tahun mendatang, hal itu disampaikan pada acara penyerahan sertifikat akreditasi B untuk perpustakaan SMU Wira Bakti pada Jum’at (29/11/2019).

“Akreditasi perpustakaan merupakan rangkaian kegiatan proses pengakuan formal oleh lembaga akreditasi perpustakaan. Sesuai Standar Nasional Perpustakaan yang menyatakan lembaga perpustakaan telah memenuhi persyaratan untuk melakukan kegiatan pengelolaan perpustakaan,” ungkap Yosep Koton. (adv)

Sumber : Humas Gorontalo Prov

Comments are closed.