Puluhan Pelajar Lulusan SMA di Gorontalo Ikuti Sipencatar Kemenhub

60DTK, Gorontalo – Sebanyak 81 putra putri lulusan SMA di Provinsi Gorontalo, mengikuti Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) yang di laksanakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Seleksi kemampuan dasar melalui sistem Computer Assisted Test itu dilaksanakan di UPT Badan Kepegawaian Negara (BKN) Gorontalo, di Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, Selasa (21/7/2020).

Terkait pelaksanaan Sipencatar tahun 2020 ini, Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim sangat berharap akan banyak peserta yang lolos dan diterima. Sebab pada tahun 2019 lalu, peserta dari Gorontalo yang berhasil lolos hanya tiga orang.

“Saya berharap dari peserta yang mengikuti seleksi ini banyak yang lulus dan diterima di STTD,” harap Idris saat memantau pelaksanaan Sipencatar.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo, Jamal Nganro menambahkan, puluhan peserta yang mengikuti Sipencatar ini akan melewati serangkaian tes. Mulai dari tes wawasan Kebangsaan (TWK), Inteligensi Umum (TIU), serta Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

“Ketiga jenis tes itu memiliki nilai minimal atau passing grade yang harus dipenuhi, yaitu untuk TWK minimal 65 poin, TIU 80 poin, dan TKP 126 poin. Peserta yang dinyatakan lulus CAT masih akan mengikuti tes selanjutnya, di antaranya tes kesehatan, psikotes, dan tes kesamaptaan,” pungkasnya. (adv)

Penulis: Andrianto Sanga