Rangkaian HKN Pramuka Gorontalo Regenarasi Pengurus Mabisaka Dan Pinsaka

60DT – GORONTALO – Rangkaian puncak Hari Kesehatan Nasional diwarnai pelantikan pengurus  Majelis Pembimbing Satuan Karya  (Mabisaka) dan Pimpinan Satuan Karya (Pinsaka) Pramuka Bakti Husada Tingkat Daerah Gorontalo masa bakti 2019 – 2024, oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Gorontalo, Idah Syahidah Rusli Habibie di GPCC Kota Gorontalo, Selasa (19/11/2019).

Pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan Ketua Daerah Gerakan Pramuka Gorontalo nomor 28 tahun 2019. Sebagai  ketua Mabisaka yaitu Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Misranda Nalole dan ketua Pinsaka yaitu Rosina Kiu.

Idah mengungkapkan, Pengurus Mabisaka  dan Pinsaka yang akan bekerja lima tahun kedepan ini merupakan  regenerasi karena beberapa anggota sudah selesai masa kepengurusannya dan ada juga yang tidak aktif  lagi.

BACA JUGA : Idah Syahidah Minta PKK Gorontalo Perkenalkan Kearifan Makanan Lokal Ke Nasional

“ Kami merekrut yang baru lagi. Agar apa? Agar pramuka di bidang kesehatan  ini juga mengambil peran dalam membantu program permerintah khususnya dalam bidang kesehatan” tutur Idah.

Menurut Istri Gubernur itu, peran dari saka bhakti husada sangat luas hingga ke desa-desa, mereka  bisa menjadi ujung tombak untuk mensosialisasikan gerakan masyarakat hidup sehat.

“ Tiap sekolah kan ada pramukanya, mereka juga bisa mensosialisasikan gerakan masyarakat untuk hidup sehat lewat sekolah-sekolah. Mereka punya peran yang penting dalam mensukseskan progam pemerintah dalam bidang kesehatan,” imbuh Idah yang juga merupakan anggota DPR RI Komisi VIII.

Ia mengharapkan pengurus yang baru bisa lebih luas lagi mensosialisasikan gerakan masyarakat hidup sehat lewat gerakan pramuka  bhakti husada .

BACA JUGA : Idah Syahidah Tantang Milenial Buat Kegiatan Untuk Lansia

Dalam acara puncak ini, selain pelantikan Mabisaka dan Pinsaka, juga diberikan beberapa penghargaan  dengan kategori seperti  tenaga kesehatan teladan puskesmas, puskesmas berprestasi, tenaga kefarmasian pengelola obat instalasi farmasi berprestasi, pengelola data SDMK terbaik, dan pengelola surveilans imunisasi.

Pada kesempatan itupula diserahkan penghargaan Papa Germas kepada Budiyanto Sidiki yang merupakan Kepala Bapppeda Provinsi Gorontalo. (adv)

Sumber : Humas Gorontalo Prov 

Comments are closed.