Rebut Kepercayaan Masyarakat, Laboratorium PUPR Siap Diakreditasi

60DTK – KOTA GORONTALO : Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Pengujian Material Jalan dan Bangunan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Gorontalo menyatakan siap diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

KAN merupakan satu-satunya komite yang dibentuk untuk memberikan akreditasi atau legal standing bagi instansi yang memeberikan pelayanan jasa.

“Tahun 2019 ini laboratorium PUPR akan semakin maksimal, kita akan tingkatkan menjadi laboratorium yang terakreditasi” kata Handoyo Sugiharto, Kepala Dinas PUPR Provinsi Gorontalo seusai menggelar rapat evaluasi di ruang rapat Dinas PUPR, Senin (27/05/2019).

BACA JUGA : Stok Beras Dan Minyak Goreng Gorontalo Aman Sampai Idul Fitri

Pekerjaan pembangunan infrastruktur jalan dan bangunan, seluruh mateial yang digunakan harus benar-benar teruji di laboratorium yang sudah diakreditasi agar bisa dipertanggungjawabkan kualitasnya.

“Laboratorium  ini harus terpercaya dan diakui oleh masyarakat penggunanya, khususnya untuk pelaksanaan pengujian dan kualitas proyek-proyek yang dilaksanakan di Provinsi Gorontalo,” ujar Handoyo Sugiharto.

Sementara itu Kepala Seksi Uji Material Jalan dan Bangunan, Nugraha Oktofelly Dewaputu memaparkan proses akreditasi yang harus dilalui Laboratorium Pengujian Material Jalan dan Bangunan agar lolos dalam akreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). Diakuinya proses ini tidak seperti membalikan telapak tangan dan membutuhkan proses yang rumit.

“Laboratorium uji material sekarang pada tahap manajemen mutu yang sesuai dengan standard juknis terbaru. Kemudian  ada tahapan audit internal, ini dilakukan pemeriksaan lebih mendalam pada Sumber Daya Manusia (SDM) penguji dan Sumber Daya Alat (SDA) untuk jadwal kalibrasinya” kata Nugraha Oktofelly Dewaputu.

BACA JUGA : Harga Bahan Pokok Gorontalo Masih Stabil Jelang Lebaran

Nugraha juga menambahkan Dinas PUPR mendorong agar UPTD Laboratorium  ini bisa segera meraih akreditasi pada tahun ini, efeknya sangat besar bagi pengawasan penggunaan material pada tiap pekerjaan di Provinsi Gorontalo.

“Setelah audit internal, 1 Juli akan mencoba mendaftarkan di Komite Akreditasi Nasional. Apabila lolos secara administrasi maka KAN akan segera mengirim tim mereka untuk memferivikasi dan memeriksa seluruh kelengkapan apakah sesuai untuk SDM, ada wawancara dan tata laksana pengujian serta pengecekan sesuai dengan yang dilaporkan dan jadwal kalibrasinya ” jelas Nugraha. (adv)

Sumber : Humas Gorontalo Prov 

QR Code

Comments are closed.